Inhil – Masyarakat Kecamatan Kemuning Kabupaten Indragiri Hilir antusias mengikuti perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el).

Pernyataan tersebut dipaparkan langsung oleh Camat Kemuning H. Marzuki saat dikonfirmasi wartawan via WhatsApp, pada Selasa (9/8/22). Ia menjelaskan, perekaman KTP-el ini di mulai sejak 25 Juli 2022 hingga kini masih terus berlanjut.

“Iya, masih berjalan sekarang sedang ada layanan keliling dari disdukcapil Kabupaten. Tanggapan masyarakat cukup antusias terutama untuk pemula pelajar-pelajar yang kelas 3 SMU,” tuturnya.

Dengan adanya program ini, kata H Marzuki, masyarakat khususnya di wilayah kecamatan Kemuning merasa dimudahkan dan lebih simpel untuk mengurus Administrasi Kependudukan (Adminduk).

“Masyarakat cukup terbantu karena tidak jauh-jauh lagi ke Tembilahan untuk perekaman KTP-el. Karena jarak Kecamatan Kemuning cukup jauh dari Kabupaten,” terangnya.

BACA :  LP Kelas IIA Tembilahan Berdama Disdukpencapil Gelar Perekaman e-KTP

Camat Kemuning itu berharap, semoga kedepannya tidak lagi hanya perekaman KTP-el saja yang bisa dilakukan, tetapi KTPnya juga bisa dicetak di kecamatan – kecamatan.

“Untuk lebih baiknya lagi kalau bisa selain perekaman KTP-el di kecamatan, cetaknya juga bisa di lakukan di kecamatan. Kalau yang lain-lain sudah cukup baik paling juga masalah jaringan internet yang perlu ditingkatkan,” sebutnya.

Sementara itu, secara terpisah, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Kabupaten Inhil Sukri menuturkan, bahwa perekaman KTP-el sampai saat ini sudah banyak yang melakukan perekaman.

“Hasil rekapitulasi perekaman sampai saat ini berjumlah 59 orang rekaman,” katanya saat dikonfirmasi via WhatsApp.

Selain itu, Kepala Disdukpencapil Inhil Mizwar Effendi melalui Sekertaris Disdukpencapil Inhil Nursal Sulaiman bersyukur karena alat perekam KTP-el tersebut sudah mulai beroperasi dan memudahkan urusan masyarakat.

BACA :  Permudah Layanan Masyarakat, Disdukpencapil Inhil Mengadakan 5 Alat Perekam Admiduk Disejumlah Kecamatan

“Alhamdulillah alat perekaman kita sudah dapat dimanfaatkan dengan baik oleh warga Kemuning. Kita juga mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh pak camat Kemuning,” tukasnya.

Selanjutnya, Nursal yang juga pernah menjabat sebagai Camat Mandah ini mengungkapkan, bahwa apa yang diharapkan oleh Camat Kemuning sudah menjadi harapannya juga untuk kedepannya.

“Yang diharapkan pak Camat sebenarnya adalah harapan kita juga, dan kedepannya akan kita sesuaikan dengan kekuatan dan sumber daya yang kita punyai di Disdukpencapil,” ulasnya.

Karena, menurut mantan Camat Gaung itu, dengan inovasi/program seperti ini sangat menguntungkan bagi masyarakat, karena tidak perlu lagi jauh-jauh ke kota Tembilahan mengurus adminduk.

BACA :  Disdukcapil Siak Puji System Layanan Disdukpencapil Inhil

“Bayangkan seandainya 59 orang warga Kemuning tersebut masih harus ke Tembilahan merekam KTP, tentu akan mengeluarkan biaya yang cukup mahal, tapi sekarang mereka cuma harus ke kantor Camat saja di Selensen, jelas biaya transportasi akan jauh lebih murah dan waktu yang dihabiskan juga ringkas,” jelasnya.

Kendati demikian, kata mantan Kabag Humas Setda Kabupaten Inhil ini, diharapkan kepada pihak kelurahan dan kepala desa untuk terus menghimbau masyarakat yang sudah genap usia agar segera melakukan perekaman KTP-el.

“Kita juga berharap kepada pak camat, kepala desa dan lurah kiranya tidak bosan untuk menghimbau warga di Kecamatan Kemuning untuk melakukan perekaman KTP-el ke kantor camat Kemuning di Selensen, dan tidak perlu lagi harus ke Tembilahan,” imbuhnya.*

Previous articlePrestasi Inhil Nomor 2 dari Bawah, Samino: Masa Kalah dengan Meranti yang tidak Dianggarkan Pemda
Next articlePelaku Usaha di Desa Dibekali Pelatihan Tata Kelola Bisnis dan Pemasaran Pariwisata