Serda Rudi Hartono Babinsa Koramil 06/KTM Terus Upayakan Antisipasi Karhutla di Wilayah Binaan 

Teluk Belengkong — Upaya Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 06/Kateman, Kodim 0314/Inhil. Serda Rudi Hartono untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah binaan, desa Sakarotan kecamatan Teluk Belengkong, kabupaten Indragiri Hilir terus menerus dilakukan.

 

Saat dikonfirmasi awak media melalui pesan singkat (WhatsApp-red) Dikatakan Serda Rudi Hartono Kegiatan patroli bersama dengan warga binaan melakukan kegiatan patroli dan sosialisasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

 

“Maksud kegiatan patroli terpadu pencegahan kebakaran hutan dan lahan adalah mensinergikan para pihak untuk melakukan pemantauan terutama di desa-desa rawan karhutla,” ungkapnya kepada awak media, Kamis (12/01/2023) pagi.

 

Menurutnya sedangkan tujuannya adalah melakukan deteksi dini pada area rawan kebakaran, melakukan sosialisasi pencegahan, melakukan pemadaman dini, serta mewujudkan kehadiran unsur pemerintah.

 

Pendekatan kepada masyarakat juga terus diupayakan melalui sosialisasi pencegahan karhutla yang dilakukan tim patroli terpadu, dengan mendatangi masyarakat desa pada berbagai kesempatan.

 

Serda Rudi Hartono juga selalu memberikan pesan dan ajakan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan, biasanya disampaikan melalui aksi mendatangi rumah-rumah, kebun dan ladang, tempat berkumpul, bahkan kepada masyarakat desa yang mereka temui di rute patroli.

 

“Iya kita bersama warga memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak melakukan pembersihan lahan dengan cara dibakar, karena bisa merusak lingkungan udara,” imbuhnya.

 

Terkahir dikatakannya. Dari hasil peninjauan patroli Karhutla di daerah rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan di desa binaan desa Sakarotan di temui tidak ada titik api dan asap hasilnya nihil.

 

“Alhamdulillah tidak ada kita temukan titik hotspot, dan kita tetap terus menjaga wilayah desa Sakarotan dalam keadaan aman Karhutla,” pungkasnya.

Previous articleTerima Kunjungan BNK Kuansing, Bupati HM Wardan: Semoga Program Desa Bersinar Mampu Menekan Narkoba di Inhil 
Next articleCiptakan Kedekatan dengan Warga Binaan, Sertu Jonni Pasaribu Babinsa Koramil 06/KTM Laksanakan Komsos