Home Riau INHIL Sertu HM Sibarani Babinsa Desa Pengalihan Bersama MPA Laksanakan Patroli dan Sosialisasi Karhutla

Sertu HM Sibarani Babinsa Desa Pengalihan Bersama MPA Laksanakan Patroli dan Sosialisasi Karhutla

0
Sertu HM Sibarani Babinsa Desa Pengalihan Bersama MPA Laksanakan Patroli dan Sosialisasi Karhutla

Enok  — Bintara pembina desa (Babinsa) Koramil 02/TM (Tanah Merah) Kodim 0314/Inhil, Sertu HM Sibarani, melaksanakan patroli untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di daerah wilayah desa binaan yaitu desa Pengalihan, kecamatan Enok, kabupaten Indragiri Hilir, Kamis (9/3/2023) pagi.

 

Dikatakan Sertu HM Sibarani pada pelaksanaan kegiatan patroli dengan rute titik Kordinat : -0°30’52″S, 103°5’41”,E 154° dengan melibatkan pihak masyarakat desa bersama-sama melakukan patroli mengantisipasi Karhutla di wilayah binaannya.

 

 

Disampaikan babinsa, selain melakukan patroli, Babinsa juga rutin memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat terkait dampak Karhutla.

 

Hal tersebut juga sesuai perintah pimpinan di jajaran Kodim 0314/Inhil, agar masing-masing Koramil dapat lebih peka terhadap situasi di lapangan.

 

Menurutnya, untuk mencegah terjadinya Karhutla juga perlu kesadaran masyarakat, terutama dalam membuka lahan pertanian dengan cara dibakar dan juga adanya lahan gambut.

 

“Karhutla bisa terjadi tidak hanya saat musim berladang, tetapi ada beberapa penyebab lainnya seperti membakar sampah di lahan gambut atau juga bisa melalui puntung rokok, apalagi saat ini musim kemarau,” jelasnya.

 

Terakhir dikatakan Sertu HM Sibarani hingga saat ini belum terjadi Karhutla, namun patroli dan sosialisasi itu sebagai upaya antisipasi.