Pemeriksaan kesehatan penumpang di pelabuhan Tanjungbatu
Pemeriksaan kesehatan penumpang di pelabuhan Tanjungbatu

Tanjungbatu – Kepala Puskesmas Tanjungbatu, Azman, menegaskan, new normal atau tatanan hidup baru bukan berarti kita sudah kembali normal dalam kehidupan seperti biasa. Kehidupan normal baru merupakan kehidupan untuk merubah kebiasaan kita dalam menyesuaikan diri ditengah pademi dengan senantiasa mengenakan masker saat beraktivitas diluar, sering mencuci tangan dan menjaga jarak sesama.

“Mari kita bersama-sama menyesuaikan diri dengan tatanan kehidupan baru yang berubah akibat risiko wabah, yaitu dengan menjalankan protokol kesehatan yang ketat seperti #JagaJarak, pakai #MaskerUntukSemua dan #CuciTanganPakaiSabun,” kata Azman saat melakukan pemeriksaan seluruh penumpang yang turun di terminal pelabuhan Tanjungbatu, Selasa, (09/06/2020).

BACA :  Peresmian Gedung Baru UPT Puskesmas Tanjungberlian, Kundur Utara

Selain melakukan pemeriksaan suhu tubuh terhadap penumpang yang dilakukan tim satgas yang terdiri dari pihak Puskesmas Tanjungbatu, Karantina pelabuhan, Dinas Perhub, Pol PP Kecamatan Kundur, TNI Polri dan Syahbandar Tanjungbatu. Kepala Puskesmas Tanjungbatu langsung melakukan pengecekan terhadap surat kesehatan bawaan penumpang.

Azman, Kapus Tanjungbatu, saat melakukan pemeriksaan terhadap penumpang yang turun di terminal pelabuhan Tanjungbatu
Azman, Kapus Tanjungbatu, saat melakukan pemeriksaan terhadap penumpang yang turun di terminal pelabuhan Tanjungbatu

Azman menekankan kepada seluruh penumpang untuk senantiasa membawa surat kesehatan saat melakukan keberangkatan.

BACA :  Sebanyak 231 Orang Anggota Ojek Dilakukan Pemeriksaan Kesehatan Gratis di UKK Puskesmas Tg Batu

“Kami tegaskan kepada masyarakat yang hendak berpergian untuk selalu membawa surat keterangan kesehatan, minimal surat kesehatan yang dikeluarkan oleh puskesmas setempat,” pesan Azman.

Dikatakan Azman, surat berlaku hanya sekali keberangkatan, bukan berlaku untuk selama-lamanya.

“Jadi kalau mau berangkat, sehari sebelum itu uruslah surat kesehatan. Surat kesehatan itu pula tidak berlaku selama-lamanya,” kata dia.

BACA :  (Video) Bupati Karimun Resmikan UPT Puskesmas Tg Batu

Dalam pantauan, seluruh penumpang tertib mengenakan masker dan mengantongi surat kesehatan bebas covid19.*