Peresmian Rumah Duka umat Budha Kundur

Rumah Duka Buddha, Yayasan Vihara Darma Shanti Kundur. Sebagai kemudahan dan kelancaran bagi keluarga melakukan kegiatan upacara adat.

Kundur News – Tanjungbatu – Ketua Walubi Kepri Hengki Setiwan meresmikan Rumah Duka Umat Buddha Yayasan Vihara Darma Shanti Kundur di Jalan Usman Harun, Sabtu (27/6) kemarin.

Menurutnya, rumah duka atau persemayaman ini difungsikan sebagai tempat peristirahatan jenazah sementara sebelum dibawa ke tempat peristirahatan terakhir. Disinilah ditempatkan jenazah serta para keluarga berkumpul melakukan kegiatan adat-istiadat serta upacara lainnya.

“Kami harap dengan adanya rumah duka yang baru ini nantinya bisa memberikan kemudahan dan kelancara bagi keluarga melakukan kegiatan upacara adat istiadat dan keagaman untuk prosesi pemakaman jenazah,” ungkap Hengki Setiwan.

Sementara itu, Ketua Panitia Peresemian Rumah Duka Umat Buddha Erman mengatakan Rumah Duka Umat Buddha mempunyai 4 ruangan persemayaman jenazah, dan dapat menampung parkir kendaraan roda empat dan roda dua dengan halaman yang cukup luas.

Posisi Bangunan.

Pembangunan tempat persemayaman ini sengaja dipilih lokasinya arah pinggiran kota, guna menghindari terjadinya kemacatan lalulintas, sehingga para keluarga dapat melaksanakan upacara keagamaan dengan tenang dan aman, sehingga tidak terganggu.

“Rumah Duka yang lama tidak diberfungsi lagi, kita masih memikirkan nantinya akan dibangun apa. Lokasi yang lama sangat sempit tidak ada tempat parkirnya. Yayasan ini umum untuk warga Kundur dan sekitar yang tidak membedakan suku apun. Disini semuanya sama, dan saat ini rumah duka siap dipakai,” tutur Erman.*