Teluk Belengkong — Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 06/Kateman, Kodim 0314/Inhil. Praka Fiki Putra melaksanakan kegiatan wawasan kebangsaan (Wesbang) bagi pelajar SMA negeri 1, di desa Beringin Mulya, Kecamatan Teluk Belengkong, kabupaten Indragiri Hilir, Senin (27/03/2023) pagi.

 

Praka Fiki mengatakan pelajaran bela negara berguna untuk meningkatkan pemahaman dan wawasan kebangsaan kepada pelajar di sekolah guna menumbuhkan rasa nasionalisme kepada NKRI.

 

“Pelajaran bela negara ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran bela negara kepada setiap warga negara yang memiliki hak dan kewajiban dalam membela negaranya,” ungkap

 

Praka Fiki Putra mengatakan saat ini pemahaman wawasan kebangsaan di lingkungan pelajar atau siswa sekolah hanya setengah saja bahkan ada yang tidak mengerti sama sekali

 

“Oleh karena itu kita berupaya untuk menanamkan kembali nilai-nilai Pancasila dan perjuangan bangsa agar kita mengerti dan memahami jati diri bangsa Indonesia,” jelas Babinsa.

 

Praka Fiki mengatakan pelajar atau siswa harus mendapatkan materi bela negara, wawasan kebangsaan dan pilar-pilar bangsa sebagai bekal ilmu.

 

“Siswa siswi sekolah harus peduli terhadap apa yang menjadi kewajiban sebagai warga negara yang baik, salah satunya adalah menghargai para pahlawan, mengikuti upacara bendera setiap hari senin, dan yang lain,” ujarnya.

 

Ia berharap setelah siswa siswi mengikuti kegiatan bela negara dapat menangkal paham radikalisasi, dan diharapkan dapat menularkan kepada orang lain berbagai pengetahuan bela Negara ini kepada teman temannya secara berkesinambungan.