Rapat Paripurna ke-4, Penyampaian Hasil Rekomendasi DPRD Terhadap LKPJ Pj Bupati Inhil

Inhil – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melaksanakan Rapat Paripurna ke-4 Masa Persidangan 1 Tahun Sidang 2024 di Gedung Paripurna DPRD Inhil, Kamis (25/04/2024).

Rapat paripurna dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Inhil Edi Gunawan dan dihadiri Pj. Bupati Inhil H. Herman, Ketua dan anggota DPRD Kabupaten Inhil, penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Inhil, Ery Putra, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Inhil serta para pejabat di lingkungan pemerintahan Kabupaten Inhil.

Adapun agenda paripurna kali ini meliputi, “Penyampaian hasil rekomendasi DPRD terhadap LKPJ Bupati Indragiri Hilir Tahun 2023 sekaligus penyampaian pidato Bupati Indragiri Hilir penjelasan rancangan peraturan daerah Kabupaten Indragiri Hilir Nomor 13 ΤΗ 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah kabupaten Indragiri Hilir.

Dalam pidato penyampaian nya Pj Bupati Herman menyampaikan saran-saran dan masukan yang disampaikan oleh anggota komisi-komisi DPRD akan menjadi catatan penting bagi Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir.

“Karena kami menyadari dalam kegiatan pemerintahan yang kami laksanakan ini, kami sangat membutuhkan dukungan dari semua pihak dalam penyempurnaan strategi dan komitmen bersama sebagai modal dasar dari pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Indragiri Hilir yang kita cintai,” ucap Pj Bupati Inhil.

“Untuk itu lanjut Pj. Bupati Herman mengucapkan terimakasih atas kerjasama semua pihak dalam memajukan dan menjalankan roda pemerintahan Kabupaten Inhil.

“Kami menyampaikan terima kasih atas partisipasi serta kerjasama dari semua pihak dalam melaksanakan percepatan pembangunan dan roda pemerintahan, baik kepada pimpinan serta segenap anggota DPRD Indragiri Hilir, rekan-rekan jajaran Forkopimda Kabupaten Indragiri Hilir serta seluruh komponen masyarakat kabupaten Indragiri Hilir,” tutup Pj Bupati.

Selanjutnya pada kesempatan ini, Penjabat Bupati Indragiri Hilir, H. Herman, SE, MT juga menjelaskan Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir nomor 13 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Kabupaten Indragiri Hilir.

Polres Inhil Verifikasi Penerimaan Calon Anggota Polri

    Indragiri Hilir,- Polres Indragiri Hilir (Inhil) mulai melaksanakan verifikasi penerimaan terpadu calon anggota Polri Tahun 2024 di Panbarim Polres Inhil, Rabu (17/4/2024)   Penerimaan anggota Polri ini meliputi Akpol, Bintara dan Tamtama.   Sejumlah registrasi pendaftaran online penerimaan calon anggota Polri diverifikasi yang dipantau Kapolres Inhil AKBP Budi Setiawan melalui Wakapolres Kompol Indra Lukman Prabowo, Kabag SDM Kompol Bachtiar, dan dihadiri perwakilan Dinas Disdukcapil dan Dinas Pendidikan Kabupaten Inhil, Kasipropam AKP Ismail, Kasiwas Ipda Zulhendri Syahputra dan Ketua LSM Inhil Mandiri Zulkifli.   “Jumlah registrasi pendaftaran online dan verifikasi sebanyak 175 orang, Akpol 9 orang, Bintara Polisi Tugas Umum (PTU) 141 orang, Ba Humas 8 orang, Ba Nakes 3 orang, Ba Hukum 2 dan TA PTU 12 orang,” sebut Kompol Bachtiar.   Ia menyebut ada beberapa orang yang melaksanakan verifikasi dan Calon siswa (Casis) yang sudah melaksanakan verifikasi hingga hari ini.   Animo pendaftar di Kabupaten Inhil cukup tinggi nampak diwarnai remaja putra dan putri berpakaian batik, mengantri untuk memverifikasi pendaftaran.   “Verifikasi pendaftaran menjadi Anggota Polri cukup banyak yang datang ke Polres Inhil untuk memverifikasi, dan dari para pendaftar menjadi Anggota Polri tersebut didominasi dengan pendaftar PTU,“ ujarnya.

Polres Inhil Press Rilis Kasus Dugaan Pembegalan di Tembilahan Hulu

  Indragiri Hilir,- Polres Indragiri Hilir (Inhil), Polda Riau mengungkap kasus menonjol dugaan pembegalan yang terjadi di Kelurahan Tembilahan Hulu, wilayah Polsek Tembilahan Hulu dalam Press Realese, pada Selasa (16/4/2024).   Press rilis menghadirkan 4 terduga pelaku dari 2 perkara yang sama beserta barang bukti di hadapan pewarta.   Kapolres Inhil AKBP Budi, Kapolsek Tembilahan Hulu AKP Ricky Marzuki dan Kasi Humas Polres Inhil Iptu Bambang hadir langsung pada press rilis tersebut.   Pengungkapan dan penangkapan dugaan pembegalan ini berawal dari postingan status netizen yang menjadi viral di media sosial Facebook, beberapa hari yang lalu.   Postingan di media sosial itu mengimbau masyarakat Tembilahan untuk berhati-hati jika berkendara di wilayah Tembilahan Hulu pada malam hari, sebab marak aksi percobaan pembegalan yang dilakukan oleh sekelompok pemuda.   Sekelompok pemuda ini dikabarkan memakai senjata tajam dan mengendarai sepeda motor jenis “vario putih” tanpa plat nomor polisi ketika melancarkan aksinya.   “Ada laporan warga di media sosial dan viral mengenai percobaan pembegalan dengan senjata tajam di dua lokasi yang meresahkan, ciri cirinya memakai vario putih. Akhirnya dilakukan penindakan, 4 pelaku berhasil diamankan,” kata Kapolres Inhil AKBP Budi Setiawan.   TKP pertama pelaku berjumlah 3 orang inisial M (22), BC (24) dan AE (21). TKP kedua diamankan 1 pelaku inisial RB (19). Tiga pelaku adalah residivis yang baru keluar dua hari sebelum lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.   “Tiga pelaku diamankan di Jalan Suhada Tembilahan Hulu, satu pelaku lagi diamankan di Jalan Lingkar Tembilahan. Dari hasil penyidikan ternyata 2 pelaku adalah residivis kasus penganiayaan, dan 1 pelaku kasus Pencurian dengan kekerasan (Curas),” paparnya.   Motif pelaku melancarkan aksinya untuk mencari uang dari barang-barang yang dibawa oleh calon korban, lalu dibelikan minuman alkohol. Ia menegaskan bahwa perkara ini akan terus dinaikkan hingga tahap selanjutnya.   “Tidak ada restorative justice, perkara ini akan tetap kita lanjutkan ketahap selanjutnya,” tegasnya.

SB Rahmad Jaya 12 Klarifikasi Soal Dugaan Over Kapasitas Jurusan Tembilahan – Batam

  TEMBILAHAN – Pihak speedboat SB Rahmad Jaya 12 menampik jika armada mereka tidak mengikuti peraturan dengan tetap beroperasi meskipun kelebihan muatan atau overload. Penumpang di Pelabuhan Pelindo Tembilahan memang mengalami lonjakan akibat arus balik lebaran yang terjadi pada H + 4 Hari Raya Idul Fitri 1445, Minggu (14/4/24). Kondisi ini memang menguntungkan bagi pemilik speedboat, sehingga disinyalir membuat oknum tergiur untuk menampung penumpang atau barang melebihi kapasitas. Namun pihak SB Rahmad Jaya memastikan armadanya tetap mengikuti peraturan pelayaran demi keselamatan penumpang khususnya pada saat musim mudik lebaran. “Tidak benar armada kami melebihi kapasitas seperti yang dikeluhkan, kami selalu mengikuti manifest atau standar operasional, apalagi saat lebaran yang ramai seperti ini,” ujar CEO SB Rahmad Jaya 12 Chapri Arjun Pratama memberikan klarifikasinya. Atas nama perusahaan Chapri pun meminta maaf kepada penumpang jika memang terdapat pelayanan yang kurang memuaskan mengingat membludaknya penumpang pada saat musim mudik Idul fitri tahun 2024. “Mungkin hanya salah komunikasi saja jika ada keluhan, maklum saja pada saat arus mudik dan balik lebaran ini memang sangat ramai penumpang,” tambahnya. Untuk diketahui, diberitakan sebelumnya sejumlah penumpang dari Tembilahan menuju Guntung-Batam mengeluhkan SB Rahmad Jaya 12 yang membawa muatan melebihi kapasitas dari Pelabuhan Pelindo Tembilahan, Minggu (14/4/2024). “Ini jelas melebihi kapasitas. Setahu saya kapal yang hanya memiliki sekitar 120 tempat duduk, tapi ini lebih,” ujar penumpang bernama Budi. Menurutnya, aksi nekat kapal penumpang tersebut sudah melanggar UU pelayaran dan sangat berbahaya bagi keselamatan. Ada unsur pembiaran dari pihak perusahaan kapal yang sengaja tidak mengecek jumlah penumpang dan kapasitas isi muatan,” pungkasnya.

Pemuda Melayu Gelora Kundur Minta Baleho H Muhammad Rudi Dicopot

Tanjungbatu – Perkumpulan Pemuda Gelora Kundur (PPGK) minta baleho bergambar dan bertulis H Muhammad Rudi (Walikota Batam) yang terpasang diwilayah lapangan bola Gelora untuk dicopot atau dipindahkan. Menurutnya pemasangan baleho itu tanpa izin kepada warga atau pemuda Gelora Kundur. “Bukan hanya tanpa izin, pemasangan baleho belum saatnya karena belum masa kampanye,” ujar ketua Harian PPGK Iskandar melalui Humasnya, Jumadi, Senin (15/04/24). Sambungnya, mereka juga sepakat tidak akan mendukung H Muhammad Rudi sebagai bacalon Gubernur Kepri, karena sudah melukai saudara mereka sesama Melayu di Rempang, Batam. “Cara masuknya juga tidak santun, tanpa adat melayu dengan asalamualaikum, main comot saja. Kalau calon-calon lain silakan saja. Yang jelas kami menolak keberadaan baleho yang sudah terpasang tersebut karena kami tidak mau disamakan mendukung kebijakannya merelokasi suku Melayu di Rempang,” tambah Jumadi. Diketahui, baleho H Muhammad Rudi terpasang di lapangan bola Gelora pada 09 April 2024. Lapangan tersebut merupakan titik kumpul atau garis start umat muslim di Kundur dalam melaksanakan pawai malam Idul Fitri maupun sholat ‘Id. Pihak PPGK terus mencari tahu siapa yang melakukan pemasangan yang mereka duga dipasang secara diam-diam. Kesempatan itu juga Jumadi mengajak semua masyarakat melayu khususnya melayu pulau Kundur dan Melayu Kepri pada umumnya untuk terus bersatu. “Persatuan yang sudah ada saat ini untuk dapat terus ditingkatkan, mulai dari wilayah kami Tanjungbatu, kabupaten Karimun hingga Provinsi Kepri,” tutupnya.(*)

Sebut Pemda Tak Adakan Lomba Lampu Colok, Pemuda Gelora: Mungkin Yang Berkomentar Orang Buta Dan Tuli

Tanjungbatu – Pengurus Perkumpulan Pemuda Gelora Kundur (PPGK) bantah keras terhadap pemuda yang memberikan statmen di salah satu media atas nama pemuda Kundur bahwa Pemerintah tidak peduli dengan tidak diadakannya lomba lampu colok pada penghujung Ramadhan 1445H / 2024. Padahal lomba sudahpun usai dan pulau Kundur merupakan penyumbang peserta terbanyak di antara Kabupaten Karimun. “Sudah jelas-jelas kita juga ikut lomba dan pulau kundur ini peserta tebanyak, berani dia berkomentar tak ada lomba,” ujar Adi, Jumat, (12/04/2024). Dikatakannya juga pihak media juga harus profesional dalam mencari narasumber. “Jangan mencari narasumber yang yang pekak tuli sehingga tak mampu melihat dan tak mampu mendengar, apalagi memanfaatkan orang yang mengalami keterbelakangan mental,” tegas Adi.
Sejumlah Pengurus PPGK
Sejumlah Pengurus PPGK
Sebelumnya, disalah satu media online yang terbit tertanggal 10 April 2024, meyebutkan, salah satu tokoh pemuda Kundur berkomentar atas kekecewaannya terhadap pemerintah daerah karena tidak diadakannya lomba lampu colok di Kabupaten karimun. Atas nama Kundur tentu saja pemuda Kundur yang merasa legalitasnya lengkap merasa berang. “Kita merasa asli pemuda Kundur seolah-olah kita juga ikut terlibat berkomentar hal yang tidak benar. Siapa pemuda Kundur berinisial R,” tambah Iskandar. Data yang dihimpun dari dinas Pariwisata Kabupaten Karimun, Perlombaan Eid Mubarak Lampu Colok Ramadhan 1445H/2024 dimulai dari malam 21 Ramadhan. Peserta terdiri: KECAMATAN MORO Kampung Paya Panjang (kategori lampu colok) KECAMATAN MERAL Parit Rempak (kategori lampu colok) Paya Rengas RW 02 Parit Benut (kategori lampu elektrik) KECAMATAN TEBING Jalan MT Haryono Ranggam (kategori lampu colok) Perumahan BCI Blok D2 RT 01 RW 02 Bukit Carok (kategori lampu elektrik) Perumahan Balai Garden Kapling (kategori lampu elektrik) Pelambung RW 01 Desa Pongkar (kategori lampu elektrik) KECAMATAN KUNDUR Jalan Parit Seratus RT 01 RW 01 Dusun II, Desa Sei Sebesi (kategori lampu colok) Jalan Sawang KM 8 (kategori lampu colok) Jalan Haji Sulaiman Tanjung Sari Poyo RT 01 RW 04 Gading Sari (kategori lampu colok) Jalan Gading RT 03 RW 01 (kategori lampu colok) Jalan Sawang KM 8 (kategori lampu elektrik) Jalan Parit Tegak RT 03 RW 02 Desa Sei Sebesi (kategori lampu elektrik) Lapangan bola Gelora (kategori lampu elektrik) Jalan Parit Muda RT 02 RW 04 (kategori lampu elektrik) Jalan A Rahman RT 02 RW 02 Dusun II Desa Lubuk (kategori lampu elektrik) Jalan Tanjung Sari RT 01 RW 04 Desa Lubuk (kategori lampu elektrik) Jalan Parit Muda RT 02 RW 11 (kategori lampu elektrik) Jalan Sunaryo RT 01 RW 02 (kategori lampu elektrik) Jalan Jenderal Ahmad Yani Tanjung Batu Kota (kategori lampu elektrik) Jalan Gading RT 01 RW 01 (kategori lampu elektrik) Jalan Jenderal Sudirman (kategori lampu elektrik) Batu Putih Gading Sari (kategori lampu elektrik) Jalan S Parman RT 02 RW 15 (kategori lampu elektrik) KECAMATAN KUNDUR BARAT Jalan Padang Kundur RT 11 RW 05, Desa Kundur (kategori lampu colok) Jalan Mukalimus Sawang (kategori lampu colok) Dusun 1 Mengkuse alamat RT 01 RW 01 Desa Sawang selatan (kategori lampu colok) Dusun II KM 14 Sawang Selatan (kategori lampu colok) Selat Beliah Dusun I Desa Gemuruh (kategori lampu colok) Jalan Abdul Hamid Dusun II RT 20 RW 07 Desa Kundur (kategori lampu elektrik) KECAMATAN MERAL BARAT Desa Pongkar RT 02 RW 03 (kategori lampu elektrik) KECAMATAN KARIMUN Jalan Pemasyarakatan RT 01 RW 01 Teluk Air (kategori lampi elektrik) KECAMATAN KUNDUR UTARA Jalan Cendrawasih RT 06 RW 03 (kategori lampu elektrik) Parit Kembaran RT 02 RW 03 (kategori lampu elektrik).

Kabag Ops Polres Inhil Lebaran Pertama Cari Korban Kecelakaan Speedboat

      Indragiri Hilir – Pencarian korban kecelakaan speedboat di perairan Perairan Tanjung Keramat, Dusun Saka Jalan Desa Bente, Kecamatan Mandah, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), meski memasuki hari lebaran Idul Fitri 1445 H.   Pencarian dipimpin Kabag Ops Kompol Rizki Hidayat,S.E , S.I.K ,M.H Selasa (9/4/2024) dengan tim Kapolsek Mandah, Kanit Gakkum Sat Polairud Polres Inhil, Kapal Pol IV-2602 Sat Polairud Polres Inhil, Kapal Pol IV-1009 Dit Polairud Polda Riau, TNI AL, Basarnas Tembilahan dan dibantu masyarakat sekitar.   Korban bernama Meran, korban tabrakan antara speedboat 40 PK Anugrah Ibu dengan Diva Nh 01 Express pada Selasa 9 April lalu.   Setelah seharian pencarian korban ditemukan sekitar pukul 17.00 Wib di sekitar lokasi TKP. Saat ini korban di bawa ke rumah duka untuk dikebumikan.   “Alhamdulillah pencarian di hari kedua menemukan hasil, korban laka laut kemarin siang berhasil ditemukan hari ini masih di sekitar TKP,” kata Kapolres Inhil AKBP Budi Setiawan.   Pencarian korban pun dihentikan dan tim SAR dibubarkan untuk kembali pada instansi masing-masing.   Sebelumnya, tabrakan terjadi antara Speed Boat 200 PK Diva NH 01 Express di nahkodai Herman (41) dengan Speed Boat 40 PK Anugrah Ibu di nahkodai Yanto (44).   “Di TKP perairan Tanjung Keramat bertabrakan dengan speedboat 40 PK Anugrah Ibu yang datang dari arah berlawanan, bermuatan Galon minyak kosong,” terangnya.   Speedboat 40 PK tersebut berjalan belok karena menghindari Gelombang akibat adanya Boat Viber Ocean yang berada di depan Boat 200 PK nama Diva NH 01. Sehingga berabrakan tidak dapat terelakkan.   “Perkara ini masih ditangani oleh Unit Gakum Sat Pol Airud Polres Inhil,” pungkasnya.

Tabrakan Speedboat di Mandah Inhil, Satu Orang Dikabarkan Hilang

Inhil,- Tabrakan antar speedboat terjadi di Perairan Tanjung Keramat Dusun Saka Jalan Desa Bente, Kecamatan Mandah, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Selasa siang (9/4/2024).

Tabrakan terjadi antara Speed Boat 200 PK Diva NH 01 Express di nahkodai Herman (41) dengan Speed Boat 40 PK Anugrah Ibu di nahkodai Yanto (44).

Kapolres Inhil AKBP Budi Setiawan menerangkan speedboat 200 PK Diva NH 01 berangkat dari kecamatan Kateman dengan tujuan Tembilahan membawa penumpang 60 orang.

“Di TKP perairan Tanjung Keramat bertabrakan dengan speedboat 40 PK Anugrah Ibu yang datang dari arah berlawanan, bermuatan Galon minyak kosong,” terangnya.

Speedboat 40 PK tersebut berjalan belok karena menghindari Gelombang air akibat adanya Boat Viber Ocean yang berada di depan Boat 200 PK nama Diva NH 01. Sehingga berabrakan Boat 200 PK Diva NH 01 dibagian depan dan Boat 40 PK nama Doa Ibu dibagian samping kanan belakang, tidak dapat terelakkan.

“Akibat kecelakaan ini nahkoda Speedboat 40 PK Anugrah Ibu mengalami luka dibagian wajah dan badan dan speedboatnya mengalami kerusakan dibagian samping kanan belakang. Sedangkan Speedboat 200 PK Diva NH 01 tidak mengalami kerusakan,” kata Kapolres Inhil.

Menurut keterangan Nahkoda Speedboat 200 PK Diva NH 01 dan saksi menyatakan tidak melihat adanya penumpang lain di Speedboat 40 PK Anugrah Ibu, selain Yanto.

“Sementara dari keterangan Nahkoda speedboat 40 PK Anugrah ibu menyatakan bahwa ada penumpang lain bersamanya atas nama Meran, dan saat ini masih dalam pencarian dan belum ditemukan,” terang Kapolres Inhil.

Kerugian materil yang diderita speedboat mesin 40 PK Anugrah Ibu mengalami rusak sebelah kanan bagian belakang. Speed boat 200 PK Diva NH 01 tidak ada kerugian materil.

“Nahkoda, Yanto saat ini telah menjalani perawatan intensif di RSUD Puri Husada Tembilahan,” pungkasnya.

Perkara ini masih ditangani oleh Unit Gakum Sat Pol Airud Polres Inhil

Seniman Api Indonesia Sebar 200 Paket Sembako di Karimun

KARIMUN – Lebih kurang 200 paket sembako gratis dibagikan Seniman Api Indonesia (SAI), untuk masyarakat kurang mampu di Karimun, Minggu (7/4/2024). Ratusan paket sembako itu bersumber dari sumbangan para dermawan, yang kemudian dibelikan sembako untuk warga kurang mampu. Koordinator kegiatan bagi-bagi sembako gratis dari SAI, Hendri Dunan menjelaskan, total sumbangan dari para dermawan berhasil terkumpul dana sebesar Rp36 Juta, lalu dibelikan sejumlah paket sembako untuk diserahkan kepada yang berhak. “Tujuan dari kegiatan bagi-bagi paket sembako gratis untuk masyarakat kurang mampu adalah, agar mereka ikut merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan riang dan gembira, tidak perlu memikirkan kebutuhan dapur,” ujar Hendri Dunan. Apa lagi menurutnya, saat menjelang Hari Raya Idul Fitri hampir semua harga kebutuhan pokok naik, sehingga dengan bantuan yang diberikan akan mampu mengurangi beban masyarakat. “Mudah-mudahan bantuan ini betul-betul dapat meringankan beban kebutuhan para penerima,” harap Hendri Dunan. Sebelum digelarnya bagi-bagi sembako gratis, para pengurus dan anggota Seniman Api Indonesia (SAI) di Kabupaten Karimun melakukan penggalangan dana. Para pekerja yang tergabung didalam organisasi tersebut antusias menyisihkan sedikit rizkinya untuk saling berbagi. Dikatakan Hendri Dunan, para pengurus mengumpulkan dana dari para dermawan sekitar seminggu lamanya. “Dana yang terkumpulkan merupakan partisipasi dari para karyawan swasta, ada juga dari beberapa perusahaan suplai man power di Karimun, juga dari pekerja di luar negeri asal Karimun. Semuanya turut berpartisipasi membantu meringankan beban masyarakat kurang mampu,” ungkapnya. Hendri Dunan berharap, lebih ramai lagi yang turut berpartisipasi dalam mendonasikan sedikit rizkinya, untuk saling berbagi dengan masyarakat kurang mampu. Dan dalam hal ini tidak hanya para pekerja, namun masyarakat umum juga dapat turut serta meringankan beban warga yang layak untuk dibantu. Dalam kesempatan itu, Hendri Dunan juga menjelaskan, kegiatan rutin tahunan setiap puasa Ramadhan itu, selalu dilaksanakan di pulau pulau sesuai dengan jumlah bantuan yang berhasil terkumpul. “Namun Ramadhan tahun ini kami hanya mampu menggelar di Pulau Karimun, kalau tahun lalu kami menyebar ke berbagai pulau dalam mendistribusikan bantuan paket sembako,” ungkap Hendri Dunan. Sementara, Ketua Yayasan Seniman Api Indonesia (SAI), Ahmad Musafit mengatakan, dari kegiatan bagi-bagi paket sembako tersebut, sejatinya dapat juga diikuti oleh masyarakat umum diluar dari Seniman Api Indonesia. Sehingga jumlah bantuan yang akan di distribusikan juga lebih banyak. “Semoga tahun berikutnya kami masih terus dapat melaksanakan kegiatan ini, tentunya dengan jumlah yang lebih banyak lagi, dan harapan kami agar masyarakat juga dapat turut berpartisipasi menyisihkan sebagain rizkinya, untuk warga kurang mampu,” ujar Ahmad Musabit.(*)

Kepala KPU Bea & Cukai Tipe B Batam Rizal Ucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H

Kepala KPU Bea & Cukai Tipe B Batam Rizal Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H, 2024 M

Ketua DPRD Inhil Pimpin Rapat Paripurna ke-3 Persidangan 1 Tahun 2024

Inhil – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menggelar Rapat Paripurna ke – 3 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2024 DPRD Kab. Inhil yang dilaksanakan di gedung utama DPRD Kab. Inhil, Senin (01/04/2024).  
Pj Bupati Inhil (kiri) dan Ketua DPRD Inhil (kanan) saat melaksanan rapat paripurna ke 3
Rapat yang berlangsung di Gedung DPRD Inhil ini dihadiri oleh Pj Bupati Inhil Herman, unsur Forkopimda, Penjabat Sekda, Staf Ahli Bupati dan Asisten serta Kepala OPD di lingkungan Pemkab Inhil juga tamu undangan lainnya.   Paripurna ke-3 ini dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Inhil Dr. H. Ferryandi, ST, MM, MT dengan didampingi unsur Wakil Ketua serta diikuti sejumlah Anggota DPRD Kabupaten Inhil.
Pj Bupati Inhil, Ketua DPRD dan Jajaran berdiri menyanyikan lagi Indonesia Raya
  Adapun agenda Rapat Paripurna ini yaitu Penyampaian Pidato Pengantar Bupati Indragiri Hilir Terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Indragiri Hilir Tahun 2023.   Diawal pidato pengantar pertanggungjawabannya, Pj. Bupati Inhil Herman menyampaikan bahwa penyusunan LKPJ ini berpedoman kepada peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Th. 2020 tentang peraturan pelaksanaan peraturan pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang laporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah.   “Penyampaian kinerja yang tertuang dalam LKPJ ini merupakan wujud implementasi dan cerminan akumulasi dari seluruh capaian juga kinerja di Tahun 2023,” ujar Pj. Bupati.   Sebelum menutup laporannya, Pj. Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak atas berbagai dukungan, partisipasi dan kerjasama yang telah terjalin selama ini khususnya dalam melaksanakan pembangunan dan menjalankan roda pemerintahan di Th. 2023.   Usai rapat paripurna juga dilakukan penyerahan buku LKPJ Bupati Indragiri Hilir Tahun 2023.
Serah terima buku LKPJ Bupati Indragiri Hilir Tahun 2023.

DPRD Inhil Laksanakan Rapat Paripurna ke-3 Persidangan 1 Tahun 2024

Inhil – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menggelar Rapat Paripurna ke – 3 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2024 DPRD Kab. Inhil yang dilaksanakan di gedung utama DPRD Kab. Inhil, Senin (01/04/2024).

Rapat yang berlangsung di Gedung DPRD Inhil ini dihadiri oleh Pj Bupati Inhil Herman, unsur Forkopimda, Penjabat Sekda, Staf Ahli Bupati dan Asisten serta Kepala OPD di lingkungan Pemkab Inhil juga tamu undangan lainnya.

Paripurna ke-3 ini dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Inhil Dr. H. Ferryandi, ST, MM, MT dengan didampingi unsur Wakil Ketua serta diikuti sejumlah Anggota DPRD Kabupaten Inhil.

Adapun agenda Rapat Paripurna ini yaitu Penyampaian Pidato Pengantar Bupati Indragiri Hilir Terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Indragiri Hilir Tahun 2023.

Diawal pidato pengantar pertanggungjawabannya, Pj. Bupati Inhil Herman menyampaikan bahwa penyusunan LKPJ ini berpedoman kepada peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Th. 2020 tentang peraturan pelaksanaan peraturan pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang laporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah.

“Penyampaian kinerja yang tertuang dalam LKPJ ini merupakan wujud implementasi dan cerminan akumulasi dari seluruh capaian juga kinerja di Tahun 2023,” ujar Pj. Bupati.

Sebelum menutup laporannya, Pj. Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak atas berbagai dukungan, partisipasi dan kerjasama yang telah terjalin selama ini khususnya dalam melaksanakan pembangunan dan menjalankan roda pemerintahan di Th. 2023.

Usai rapat paripurna juga dilakukan penyerahan buku LKPJ Bupati Indragiri Hilir Tahun 2023.

Audensi warga Baloi Kolam dengan BP Batam Dalam Hal Warga Yang Akan Terdampak Penggusuran

Batam – Kundur News, Warga Baloi Kolam, yang tergabung dalam RT 03 dan RT 10/RW 016, mengadakan audensi dengan BP Batam untuk membahas perkembangan terbaru mengenai masalah lahan kavling yang dihadapi akibat pembangunan. Audensi tersebut dilaksanakan pada Senin di Gedung BP Batam Lantai 4, dimana warga dan perwakilan BP Batam membahas tindak lanjut terhadap dampak penggusuran dan masalah lahan kavling bagi warga yang terkena dampak pembangunan. Sebelumnya, warga telah mengajukan permohonan audiensi kepada BP Batam agar dapat menyampaikan aspirasi mereka terkait alokasi lahan, dengan harapan mendapatkan lahan (kavling) dari BP Batam. Warga diundang untuk hadir pada Hari Senin, 01 April 2024, di Kantor BP Batam pada pukul 09.00 WIB. Mereka diminta untuk mendaftarkan diri sebagai perwakilan maksimal 40 orang, sesuai dengan daftar yang telah disiapkan, paling lambat pada Senin pagi jam 08.00 WIB. Hasil audensi dengan BP Batam belum menemukan keputusan yang pasti karena perwakilan BP Batam masih akan menyampaikan hasil audensi kepada atasannya. Rapat warga ini merupakan langkah konkret dari komunitas Baloi Kolam dalam mencari solusi terbaik bagi masalah lahan yang mereka hadapi, serta menegaskan komitmen mereka untuk menghadapi tantangan tersebut secara bersama-sama. Berikut adalah rangkuman dari tulisan berita di atas yang disusun ulang menjadi tulisan berita yang lebih baik: Salah satu warga yang terdampak inisial Tobing mengungkapkan kekecewaan mereka terhadap BP Batam karena kurangnya kejelasan terkait dampak pembangunan yang telah mereka alami. Meskipun telah sering kali dilakukan audensi antara warga dan BP Batam, namun masih belum terdapat titik terang yang memuaskan bagi warga terdampak. Salah seorang warga menegaskan bahwa kepastian atas nasib mereka masih belum diberikan oleh BP Batam. Hal ini menimbulkan kekhawatiran dan ketidakpastian di kalangan masyarakat yang merasa terabaikan akibat proses penggusuran yang dilakukan oleh BP Batam. ” pertemuan seperti ini (Audensi) sudah 4 kali dilakukan tetapi sampai hari ini pun masih belum ada kepastian dari BP Batam,” ujarnya. Senada dengan warga, Sahat Tampubolon, SH, selaku RW yang memimpin masyarakat terdampak penggusuran, berharap BP Batam dapat memberikan solusi yang sesuai dengan Undang-undang yang berlaku, serta menyetujui permohonan terkait lahan kavling untuk masyarakat Baloi Kolam yang terdampak pembangunan demi kemajuan Kota Batam. ” Saya Sahat Tampubolon, SH, sebagai RW yang memimpin masyarakat terdampak penggusuran, berharap BP Batam dapat memberikan solusi yang sesuai dengan Undang-undang yang berlaku, serta menyetujui permohonan terkait lahan kavling untuk masyarakat Baloi Kolam yang terdampak pembangunan demi kemajuan Kota Batam. upaya ini (Audensi) ada bagaimana kita mencari solusi yang adil dan berkelanjutan bagi masyarakat yang terdampak,” Ungkapnya. “Poin nya, dalam hal ini BP Batam memberikan alokasi lahan kepada perusahaan berdasarkan kewenangannya, tentu wajib memperhatikan warga yang akan terdampak direlokasi, negara harus hadir dalam hal ini BP Batam sebagai representasi negara harus bisa memberikan solusi kebijakan kepada warga, sehingga hak warga atas pemukiman terpenuhi meskipun harus digeser atau dipindahkan dari Baloi Kolam, Tutup Sahat. Hingga Berita ini di publikasi belum ada keterangan resmi dari pihak BP Batam yang diterima media ini. Herti

Polres Inhil Gelar Upacara Kenaikan Pangkat, 3 Anggota Terima Penghargaan

INHIL, – Polres Indragiri Hilir (Inhil) menggelar kegiatan upacara kenaikan pangkat pengabdian periode 1 April 2024 dan pemberian penghargaan kepada personel yang berprestasi, Senin (1/4/2024).   Upacara tersebut dihadiri juga Pejabat Utama Polres Inhil, Para Kabag, Kasat, Kasi, Perwira dan Bintara serta Bhayangkari Polres Inhil.   Berdasarkan surat keputusan Kapolri tentang kenaikan pangkat dari AKP ke Kompol yakni Kompol Nasri Suardi. Sementara 3 personel yang menerima penghargaan Kasat Narkoba AKP Much Jacub N Kamaru, Banit 2 Sat Narkoba Brigpol Oki Bambiantoro, Banit 3 Sat Intelkam Bripda Frans Edo MB Sinaga.   “Untuk bisa mendapatkan kenaikan pangkat pengabdian, seorang personel Polri haruslah memiliki persyaratan utama yakni memiliki Bintang Nararya, masa dinas selama 32 tahun tanpa cacat, masa pangkat terakhir selama 2 tahun dan masa berlaku 3 bulan sebelum memasuki masa pensiun,” kata Kapolres Inhil AKBP Budi Setiawan.   Di dalam organisasi kepolisian, kepangkatan merupakan salah satu indikator keberhasilan seorang anggota polri. Semakin tinggi jenjang kepangkatan maka makin besar pula tanggung jawab yang diberikan kepadanya.   “Disamping dua hal tersebut yang tidak kalah pentingnya adalah menjaga sikap dalam bertugas maupun dalam kehidupan sehari-hari, orang pintar akan dikalahkan dengan orang cerdas, orang cerdas akan dikalahkan dengan orang baik, karenanya marilah kita perbaiki diri kita dengan memperbaiki sikap, baik ditengah masyarakat, ditempat kerja maupun ditengah keluarga,” jelasnya.   Pada kesempatan itu Kapolres Inhil mengucapkan selamat kepada Kompol Nasri Suardi atas kenaikan pengkat pengabdian yang telah diberikan.   “Semoga apa yang diperoleh mampu meningkatkan lagi kinerja dan dedikasi dalam melaksanakan,” ucapnya.   Pada kesempatan kali ini juga kita sama sama menyaksikan pemberian penghargaan kepada 3 anggota Polres Inhil atas keberhasilan melakukan penanganan tindak pidana pengancaman terhadap personel Polri.   “Momen ini merupakan suatu kebanggaan yang dirasakan begitu mendalam sebagai wujud penghargaan atas prestasi kerja dan jerih payah saudara-saudara yang telah dilakukan selama ini, hal tersebut tidak lepas dari tanggung jawab pribadi sebagai insan bhayangkara sekaligus imbalan atas prestasi dan dedikasi serta pengabdian yang telah dilakukan selama ini,” pungkasnya.

Polres Inhil Buka Bersama Forkopimda, Para Tokoh, Wartawan dan Santuni Anak Yatim

Inhil,- Polres Indragiri Hilir (Inhil) melaksanakan buka puasa bersama Forkopimda, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Bawaslu, tokoh agama, tokoh masyarakat, wartawan dan anak yatim. Buka puasa dihadiri Pj Bupati Inhil diwakili Asisten 1 Tantawi Jauhari, Kapolres Inhil AKBP Budi Setiawan, Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Fikky Nur Kuncoro Jati, Ketua DPRD Ferryandi, perwakilan Kejari Inhil, Pengadilan Agama, Pengadilan Negeri Tembilahan, Ketua MUI Drs H Azhari Syukur, Ketua Bhayangkari Inhil Ny Furry Budi Setiawan, Ketua KPU periode 2019-2024 Herdian Asmi, Ketua Bawaslu Rustam. Sebelum berbuka, Kapolres Inhil dan tokoh masyarakat memberikan santunan kepada 80 anak yatim, pemberian plakat penghargaan kepada tokoh masyarakat dan wartawan serta ceramah agama oleh Ketua MUI Inhil. Dalam sambutannya Pj Bupati diwakili Asisten 1 Tantawi Jauhari mengapresiasi Kapolres Inhil dan jajaran atas terlaksananya kegiatan buka bersama dan silaturahmi serta santunan anak yatim tersebut. “Kegiatan ini salah satu amaliyah di bulan Ramadhan. Kami mengucapkan terimakasih kepada Kapolres Inhil dan jajaran. Hal ini merupakan contoh yang baik bagi kita semua untuk terus berbuat baik kedepan. Semoga niat kita bernilai pahala disisi Tuhan yang Maha Esa,” ucapnya. Kapolres Inhil, AKBP Budi Setiawan menjelaskan, silaturahmi, buka puasa bersama serta santunan anak yatim merupakan salah satu program Polres Inhil di bulan Ramadhan. “Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan iman dan takwa kita kepada Allah SWT Tuhan yang Maha Kuasa, serta memperkuat silaturahmi personel Polres Inhil bersama forkopimda dan seluruh elemen masyarakat,” tuturnya. Ia menambahkan, berkat adanya dukungan media dan wartawan Polres Inhil berhasil meraih Juara II Lomba Karya Jurnalistik (LKJ) di tingkat Polda Riau. “Kami mengucapkan terimakasih atas dukungan dan sinergitas yang telah terjalin selama ini, kita berhasil meraih Juara II LKJ Polda Riau tahun 2024,” pungkasnya.

Pemerintah Kabupaten Asahan Gelar Malam Nuzulul Qur’an 1445 H / 2024 M

ASAHAN – Pemerintah Kabupaten Asahan menggelar peringatan Nuzulul Quran yang didahului dengan pelaksanaan sholat Isya dan taraweh yang bertempat di Mesjid Agung Ahmad Bakrie Kisaran (27/03/2024) malam. Pada peringatan Malam Nuzulul Qur’an ini tampak hadir Sekda Kabupaten Asahan, mewakili Dandim 0208/Asahan, Kajari Asahan, Danlanal Tanjung Balai Asahan, Mewakili Kapolres Asahan, Para Asisten, Staf Ahli Bupati, OPD, Camat, Kemenag Asahan jamaah Masjid Agung dan kaum muslimin dan muslimat. Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Asahan Basuki S.Pd, MM melaporkan dalam rangka meningkatkan syi’ar dan dakwah islam serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, Pemerintah Kabupaten Asahan memperingati malam nuzulul Qur’an 1445 H/ 2024 M. Selanjutnya pelaksanaan malam nuzulul Qur’an ini sesuai dengan surat Bupati Asahan Nomor 400.8/1367/UM/III/2024 tentang peringatan malam nuzulul Qur’an 1445 H Kabupaten Asahan. Bupati Asahan dalam pidatonya yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution M. Si mengatakan selamat datang di Kabupaten Asahan kepada Al Hafidz Ustadz Yunus Silalahi, Lc, MA senantiasa diberikan rahmad dan perlindungan dari allah SWT. Kemudian dikatakannya, peringatan nuzulul qur’an bukan hanya sekedar simbol turunnya kita suci al qur’an, namun dapat menjadi momen kebangkitan umat. Al-Qur’an sebagai sumber hukum agama hendaknya dapat dijadikan sebagai dasar dan pedoman hidup bagi seluruh umat islam. Lanjut, Sekda, setidaknya ada tiga makna yang tergantung dalam peringatan nuzulul Qur’an diantaranya yang pertama, membudayakan membaca Al Qur’an bagi kaum muslimin, kedua Masyarakat mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada dalam Al Qur’an serta yang ketiga masyarakat dapat berfikir logis dan bertindak sesuai hukum yang terkandung dalam kitab suci Al Qur’an. Lanjutnya, membaca al Qur’an harus dipupuk sejak dini dan dijadikan kebiasaan sehari hari. Bukan hanya sekedar dapat membaca seyogyanya harus tahu arti dan mengamalkan al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Selain punya makna spritual peningkatan ibadah, makna nuzul qur’an juga memiliki makna sosial momentum ini dapat menjadikan umat yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Kemudian kegiatan tersebut dilanjutkan ceramah agama yang disampaikan oleh Al Hafidz Ustadz Yunus Silalahi, Lc, MA.(Bg)

Wakil Bupati Asahan Ikuti Rakor Penguatan Sinergi Antar KPK dengan Kemendagri, BPKP dan Pemerintah Daerah

ASAHAN – Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar, S. Sos, M. Si mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Penguatan Sinergi antara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan Kementerian Dalam Negeri RI (Kemendagri), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembanguan (BPKP) dan Pemerintah Daerah di Wilayah I Kedeputian Bidang Koordinasi dan Supervisi di Aula Tengku Rizal Nurdin Lt. II, Kantor Gubernur Sumatera Utara, Jalan Pangeran Diponegoro Medan, Rabu (27/03/2024). Pembukaan Rakor ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Pj Gubernur Sumatera Utara Hassanudin. Dipembukaan Rakor tersebut Pj Gubernur Sumatera Utara mengatakan, banyak hal yang sudah dicapai pada tahun 2023. Semuanya itu, merupakan hasil kerja bersama. Kendati demikian, Pemprov Sumut juga akan terus melakukan perbaikan, melalui dukungan KPK dan Pemerintah Pusat, serta Forkopimda dan instansi vertikal yang ada di Sumut. “Pemerintah Provinsi Sumatera Utara juga terus memperkuat implementasi SIPD yang sudah dikembangkan oleh Kemendagri. SIPD membuat data perencanaan, penganggaran, belanja, dan realisasi anggaran menjadi terintegrasi, sehingga bisa memantau alokasi anggaran untuk penanganan stunting atau kemisikinan dengan tepat dan cepat yang tersebar di berbagai kegiatan lintas OPD”, ungkap Hasanuddin pasca menerima penghargaan kategori Sertifikasi dengan Luasan Terbanyak, dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Untuk aspek pengadaan barang dan jasa, Hasanuddin mengatakan, akan terus mengembangkan sistem pengadaan barang jasa dengan sistem e-Catalog, penataan barang milik daerah, pendataan, pengadministrasian, dan pengusaan aset daerah agar tidak dikuasai oleh pihak-pihak ketiga. “Kerja sama dengan BPN dengan hasil banyaknya bidang tanah yang sudah disertifikatkan, pengembangan pemanfaatan barang milik daerah dengan konsep best use dan high use. Untuk aspek perizinan, kami akan terus mengembangkan sarana prasarana, regulasi dan penguatan sdm yang kompeten dan berintegritas. Mendorong optimalisasi pelayanan mal pelayanan publik di empat kabupaten kota,” terang Hassanudin. Ditempat yang sama, Deputi Bidang Koordinasi dan Supervisi KPK RI Didik Agung Widjanarko, mengajak semua pihak untuk berintropeksi diri terkait cerminan korupsi yang ada. Seperti di tingkat negara pada tahun 2022, Indonesia memeroleh nilai 34 dengan rangking 110 dari 190 negara. Nilai ini tidak mengalami perubahan pada tahun 2023, yang nilainya juga 34 dengan rangking 115. “Semakin sedikit, semakin mendekati tingkat korupsi makin tinggi. Kita perbaiki ini lebih baik lagi. Dari transparansi internasional Indonesia, sektor politik Pemilu berjalan dengan jujur, adil, dan terintegritas, pada sektor praperadilan dan penegakan hukum tidak ada kekuatan intervensi, untuk sektor ekonomi dan bisnis adanya perbaikan iklim usaha, kemudian kebebasan orang untuk menyampaikan pendapat hal-hal yang tidak sejalan dengan pemerintah. Ini yang menjadi rekomendasi untuk perbaikan ke depannya,” ujarnya. Usai mengikuti Rakor, Wakil Bupati Asahan yang didampingi beberapa OPD siap mendukung Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, dalam setiap program kerjanya yang bertujuan untuk memajukan Sumatera Utara, serta menjadikan Sumatera Utara Aman dan Bermartabat, sesuai dengan Visi dari Pemerintah Provinsi Sumatera itu sendiri “Sumatera Utara Yang Maju, Aman dan Bermartabat”. Selain itu Wakil Bupati Asahan mengatakan, Pemerintah Kabupaten Asahan transfarans dalam setiap kegiatan, sehingga tindakan korupsi dapat dicegah”, ujarnya. Lebih lanjut Wakil Bupati mengucapkan selamat kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang telah mendapat penghargaan kategori Sertifikasi dengan Luasan Terbanyak, dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). “Penghargaan yang diraih ini menjadi suatu kebanggan bagi Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Asahan”, tandasnya.(Bg)

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten

ASAHAN – Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution, M.Si membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Rabu (27/03/2024). Turur hadir OPD se-Kabupaten Asahan, Camat se-Kabupaten Asahan, Kasubbag Program OPD serta tamu undangan lainnya Kepala Bappeda Kabupaten Asahan Drs. H. Zainal Arifin Sinaga, MH dalam laporannya mengatakan tujuan dari pelaksanaan Focus Group Discussion penyusunan teknokratik RPJMD ini adalah untuk menganalisis gambaran umum kondisi daerah, perumusan permasalahan pembangunan daerah dan merumuskan isu strategis daerah. “Adapun peserta acara ini terdiri dari Kepala OPD se-Kabupaten Asahan, para Camat se-Kabupaten Asahan dan para Kasubbag program dan fungsional perencana se-Kabupaten Asahan”, terang Zainal. Sementara Bupati Asahan dalam sambutannya yang disampaikan Sekda Drs. John Hardi Nasution, M.Si mengatakan bahwa kegiatan FGD penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan tahun 2025-2029 ini merupakan tahap awal dari rangkaian proses penyusunan dokumen perencanaan pembangunan jangka menengah sebagaimana yang diamanatkan dalam Permendagri nomor 86 tahun 2017. “Hal ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengkaji berbagai isi, masalah, tantangan dan upaya yang di perlukan dalam perencanaan dan pelaksanaan kebijakan Kabupaten Asahan pada lima tahun mendatang yaitu tahun 2025-2029”, ujar Sekda. Sekda juga meminta Kepala OPD untuk paham tugas dan tanggungjawab serta komitmen yang diamanahkan oleh Bupati. “berikan masukan yang di dasari oleh data atau kajian, karena kalau saudara-saudara salah dalam memberikan masukan maka rusaklah dokumen perencanaan yang akan di susun”, jelas Sekda. Lebih lanjut Sekda meminta para Camat untuk mengidentifikasi apa yang menjadi potensi di wilayah masing-masing. “Lakukan pendataan terhadap 5 apa yang menjadi potensi di daerah anda, sampaikan juga apa yang menjadi permasalahan, untuk dapat kita selesaikan dalam 5 tahun kedepan”, pungkas Sekda. Adapun Narasumber dalam acara tersebut adalah Prof.Dr.rer.nat.Muh.Aris Marai, M. Sc (Kepala Badan Informasi Geospasial), Prof. Subejo, S. P, M. Sc, Ph. D. (Ketua Tim), Prof. Saudi, S. Pi, M. Agr. Sc, Ph. D. (Tenaga Ahli), Pratiwi Ngasaratun, S. I. P., S. Psi., MSc (Tenaga Ahli) dan Awaluddin L, SE, M.Si (Tenaga Ahli). (Bg)

Bupati Asahan Ambil Sumpah/Janji dan Pelantikan PPPK di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan

ASAHAN – Bupati Asahan H. Surya, BSc mengambil sumpah/janji dan pelantikan Pengawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Jabatan Fungsional Tenaga Guru dan Tenaga Kesehatan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan Formasi Tahun 2023, Selasa (26/03/2024). Pengambilan sumpah/janji dan pelantikan ini dilaksanakan di Aula Melati Kantor Bupati Asahan dan dihadiri juga oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Kepala Kantor Regional VI BKN Medan beserta Rombongan, Para Asisten, OPD, Kepala Bank Sumut Cabang Kisaran dan tamu undangan lainnya. Kepala BKPSDM Kabupaten Asahan Nazaruddin, SH melaporkan pengangkatan PPPK ini sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Asahan Nomor 100.3.3.2-26-5.2 Tahun 2024 Tentang Pengangkatan PPPK Jabatan Fungsional Tenaga Guru dan Tenaga Kesehatan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan Formasi Tahun 2023. Nazaruddin juga melaporkan, jumlah formasi PPPK Formasi 2023 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan sebanyak 505 orang, yang sudah memperoleh usul penetapan NI PPPK dan BKN yaitu, Formasi Jabatan Fungsional Tenaga Guru sebanyak 357 orang dan Formasi Jabatan Tenaga Kesehatan sebanyak 148 orang Ditempat yang sama Kepala Kantor Regional VI BKN Medan Dr. Janry Haposan U.P. Simanungkalit, S. Si, M. Si meminta kepada PPPK yang baru dilantik untuk menjaga amanah yang diemban dan menjalankan tugas sesuai dengan tupoksi yang diberikan. Selain itu Janry berharap, PPPK dapat meningkatkan kinerjanya agar apa yang menjadi harapan dari Pemerintah Kabupaten Asahan dapat terwujud. Sementara Bupati Asahan mengingatkan bahwa dalam proses pengadaan PPPK di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan tidak dipungut biaya. Kelulusan saudara/i adalah hasil kerja keras saudara sendiri. Untuk itu saudara/i harus bangga dan bersyukur atas rahmat yang diberikan Allah SWT Tuhan yang Maha Esa kepada saudara sekalian. “Oleh karena itu saya minta kepada saudara/i untuk benar-benar melaksanakan tugas dan mentaati seluruh peraturan Perundang-undangan yang berlaku dan mentaati perjanjian kerja saudar/i yang sudah ditandatangani antara lain berisi larangan dan kewajiban bagi seluruh Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang berlaku dan wajib dijalankan secara konsisten sehingga dapat menjamin terpeliharanya tata tertib kepegawaian dan mendorong saudara/i untuk melaksanakan tugas dengan selalu berpedoman pada 3T yaitu Tertib Administrasi, Tertib Anggaran dan Tertib Pelaksanaan Tugas. “Kepada saudara/i setelah diangkat sebagai PPPK jangan ada niat meminta pada Bupati untuk pindah dari unit kerja saudara/i saat ini ke unit kerja lain karena tempat saudara/i saat ini adalah formasi yang saudara/i lamar. Dan jangan membawa dukungan dari pihak manapun dengan tujuan untuk mendesak Bupati agar saudara/i mutasi karena apabila saudara melakukan hal tersebut maka saudara dinyatakan mengundurkan diri sebagai PPPK sesuai dengan Pasal 41 ayat (3) Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Undonesia Nomor 14 Tahun 2023 Tentang Pengadaan PPPK untuk jabatan fungsional. Sementara Bupati Asahan mengingatkan bahwa dalam proses pengadaan PPPK di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan tidak dipungut biaya. Kelulusan saudara/i adalah hasil kerja keras saudara sendiri. Untuk itu saudara/i harus bangga dan bersyukur atas rahmat yang diberikan Allah SWT Tuhan yang Maha Esa kepada saudara sekalian. “Oleh karena itu saya minta kepada saudara/i untuk benar-benar melaksanakan tugas dan mentaati seluruh peraturan Perundang-undangan yang berlaku dan mentaati perjanjian kerja saudar/i yang sudah ditandatangani antara lain berisi larangan dan kewajiban bagi seluruh Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang berlaku dan wajib dijalankan secara konsisten sehingga dapat menjamin terpeliharanya tata tertib kepegawaian dan mendorong saudara/i untuk melaksanakan tugas dengan selalu berpedoman pada 3T yaitu Tertib Administrasi, Tertib Anggaran dan Tertib Pelaksanaan Tugas. “Kepada saudara/i setelah diangkat sebagai PPPK jangan ada niat meminta pada Bupati untuk pindah dari unit kerja saudara/i saat ini ke unit kerja lain karena tempat saudara/i saat ini adalah formasi yang saudara/i lamar. Dan jangan membawa dukungan dari pihak manapun dengan tujuan untuk mendesak Bupati agar saudara/i mutasi karena apabila saudara melakukan hal tersebut maka saudara dinyatakan mengundurkan diri sebagai PPPK sesuai dengan Pasal 41 ayat (3) Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Undonesia Nomor 14 Tahun 2023 Tentang Pengadaan PPPK untuk jabatan fungsional.

Bupati Asahan Safari Ramadhan di Mushollah Al-Muhajirin

ASAHAN – Mushollah Al-Muhajirin yang terletak di Desa Perkebunan Hessa Kecamatan Simpang Empat, menutup Safari Ramadhan Pemerintah Kabupaten Asahan yang dikunjungi oleh Bupati Asahan H. Surya, BSc, Selasa (26/03/2024) malam. Turut mendampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Asisten Administrasi Umum, OPD dan Camat Simpang Empat. Dikesempatan ini Kepala Desa Perkebunan Hessa Bambang Irwani mengucapkan terima kasih kepada Bupati Asahan beserta rombongan yang telah hadir di Mushollah Al-Muhajirin Desa Perkebunan Hessa Kecamatan Simpang Empat. “Kehadiran Bupati Asahan menjadi suatu kebanggaan dan motivasi bagi kami untuk menjadi lebih baik kedepannya, serta siap membantu Pemerintah Kabupaten Asahan mensukseskan visi dan misinya “Mewujudkan Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter”, ujarnya. Sebelum memberikan bimbingan dan arahannya Bupati Asahan menyerahkan bingkisan kepada BKM Al-Muhajirin berupa uang 2 juta dan vacuum cleaner dilanjutkan dengan penyantunan anak yatim 25 orang yang diserahkan secara simbolis. Pada bimbingan dan arahannya Bupati Asahan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Desa Perkebunan Hessa yang telah siap membantu Pemerintah Kabupaten Asahan mewujudkan visi dan misinya. Lebih lanjut Bupati mengatakan, Pemerintah Kabupaten Asahan secara rutin melakukan kunjungan Safari Ramadhan ke setiap Desa Kelurahan yang ada di Kabupaten Asahan. “Keberadaan rombongan Safari Ramadhan Pemkab Asahan di tengah Bapak/Kbu sekalian merupakan upaya untuk memupuk jalinan silaturahmi, antara Pemerintah (Umaro) dengan Ulama dan Umat (Masyarakat). Kegiatan ini merupakan langkah untuk membangun ukhuwah Islamiyah, sehingga diharapkan dapat terbangun hubungan yang harmonis antara umaro, ulama dan umat”, ungkap Bupati. Selanjutnya Bupati mengatakan, dengan puasa kita bisa merasakan bagaimana perasaan saudara kita yang mengalami kelaparan dan kehausan. “Kita bisa merasakan bagaimana nasib saudara-saudara kita yang tidak seberuntung diri kita, maka setelah puasa kelak diharapkan kita menjelma menjadi insan, yang mampu mengendalikan diri, menjadi orang yang sehat jasmani dan rohani sabar, mempunyai kemauan yang kuat untuk maju, selalu mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah SWT, serta kita bisa mempunyai nilai kepedulian sosial yang tinggi terhadap sesama manusia”, tandasnya. Dikesempatan ini juga para jama’ah sholat tarawih diberikan tausiyah agama oleh Al-Ustadz H. Salman Abdullah Tanjung, MA, yang mengajak para jama’ah untuk memperbanyak membaca Al-Qur’an selama bulan Ramadhan 1445 H.(Bg)

Wakil Bupati Asahan Gelar Safari Khusus

ASAHAN – Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin, S.Sos, M.Si. menggelar Safari khusus di Mesjid At-Taqwa Desa Padang Sari Kecamatan Tinggi Raja, Selasa (26/03/2024). Turut hadir Sekretaris Kabupaten Asahan, Asisten Administrasi Umum, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas PPKBP3A, Kepala Dinas Pendapatan, Kepala Dinas Dukcapil, Kepala Dinas Perkumpulan, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Kopdagin, Sekretaris Kominfo, Kepala Badan Kesbangpol, Camat Tinggi Raja, Kepala Desa Padang Sari, Ketua BKM Masjid At-Taqwa serta jamaah lainnya Sambutan Camat Tinggi Raja Rahmat Hidayat Rambe, S.IP mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Asahan karena telah memilih Masjid At-Taqwa Desa Padang Sari Kecamatan Tinggi Raja untuk melakukan Safari Ramadhan khusus. Di tempat yang sama Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin, S.Sos, M.Si. mengatakan dalam sambutannya yaitu menghimbau kepada setiap Warga agar menciptakan Ramadhan dengan suasana senang dan dapat menggapai keberkahan dari Allah SWT. Wakil Bupati pun kemudian mengajak khususnya masyarakat Padang Sari untuk menguatkan komitmen kebersamaan antara Pemerintah dan Masyarakat. Karena itu, Ia mengajak agar masyarakat dapat bersinergi dalam mendorong mensukseskan program-program yang dicanangkan Pemerintah. Dalam acara Safari Khusus tersebut Wakil Bupati memberikan santunan kepada anak yatim dan menyerahkan bingkisan kepada BKM Masjid At-Taqwa Ceramah agama oleh bapak H. Ahmad Kosim Marpaung S.Ag.M.Si tentang pentingnya kita membaca dan memahami Al-Qur’an.(Bg)

Operasi Pasar Reguler dan Khusus di Buka Pemerintah Kabupaten Asahan

ASAHAN – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H/ 2024 M, Bupati Asahan yang diwakilli Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan membuka pelaksanaan operasi pasar reguler dan pasar khusus di Kelurahan Bunut Barat Kecamatan Kisaran Barat, Desa Sei Alim Ulu Kecamatan Air Batu, Desa Air Teluk Kiri kecamatan Teluk Dalam dan Sei Kamah I Kecamatan Sei Dadap tanggal 28 Maret 2024. Turut hadir Kadis Kopdagin, Sekretaris Kominfo Kabupaten Asahan, Camat dan tamu undangan lainnya. “Pelaksanaan operasi pasar reguler dan pasar khusus ini dilaksanakan pada tanggal yang berbeda. Untuk Kelurahan Bunut Barat Kecamatan Kisaran Barat dilaksanakan pada 25 Maret 2024, Desa Sei Alim Ulu Kecamatan Air Batu pada tanggal 26 Maret 2024, Desa Air Teluk Kiri kecamatan Teluk Dalam 27 Maret 2024 dan Sei Kamah I Kecamatan Sei Dadap tanggal 28 Maret 2024. Operasi pasar ini dilaksanakan sebagai salah satu bentuk pengendalian harga dan stok barang kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H”, ujar Kadis Kopdagin Drs. Ilham disela kegiatan tersebut, Senin (25/03/2024). Ilham mengatakan, operasi pasar ini bekerjasama dengan Kejaksanaa Negeri Asahan. Dan untuk bahan pokok sendiri, Ilham mengatakan, dibantu oleh pihak Bulog, Sintong Abadi, Jampalan baru dan Tiga Putri dengan bahan pokok berupa Minyak Goreng 1,8 liter dengan harga Rp 28.000, dan Minyak Goreng 1 liter dengan harga Rp 14.000. Untuk Telor Ukuran A Rp 1.750/butir, B Rp 1.700/butir, C Rp 1.650/liter, D 1550/ liter. Sedangkan Beras Medium 5 Kg Rp 55.000, Premium Rp 70.000, Gula 1 kg Rp 17.000 dan bahan lainnya Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian dari Pemerintah Kabupaten Asahan kepada masyarakat dalam menghadapi bulan Ramadhan dan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H dengan menyajikan kebutuhan pokok bagi masyarakat seperti beras, minyak goreng, gula pasir, telur, dan lain-lain. “Kegiatan ini dilaksankan setiap tahunnya untuk memudahkan masyarakat mendapatkan bahan kebutuhan pokok dengan harga yang relatif terjangkau”, ungkapnya Terakhir John menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Bulog Sintong Abadi, Jampalan Baru dan Tiga Putri yang turut berpartisipasi dan membantu terselenggaranya acara ini. Kepada masyarakat diharapkan untuk memanfaatkan kegiatan ini dengan membeli bahan pokok yang tersedia di operasi pasar ini sesuai dengan kebutuhannya. “Beli sesuai dengan kebutuhan, jangan berlebih-lebihan, supaya masyarakat yang lain dapat membeli bahan pokok ini juga”, tandasnya.(Bg)

Wakil Bupati Asahan Terima Penghargaan Pelaksanaan DAK terbaik I Sub Bidang Penyerapan Anggaran tertinggi tahun 2023

ASAHAN – Penghargaan tersebut diterima Wakil Bupati Asahan pada kegiatan Rakerda Bangga Rencana Dan Percepatan Penurunan Angka Stunting Tahun 2024 di Hotel Santika Premiere Dyandra Medan, Jalan Kapten Maulana Lubis Nomor 7, Medan, Senin (25/03/2024). Tampak Hadir dalam kegiatan tersebut PJ Gubernur Sumatera Utara, Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) kabupaten/kota se-Sumut dan Kepala Perwakilan BKKBN Sumut Munawar Ibrahim. Hadir juga unsur Forkopimda, pimpinan OPD Pemprov Sumut dan kabupaten/kota, serta lembaga terkait lainnya. Dalam sambutannya Pj. Gubsu Hassanudin menyampaikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) menargetkan prevalensi stunting di angka 14,5% tahun 2024. Untuk mencapai hal tersebut, Pemprov Sumut terus mempertajam anggaran dan perbaikan data. Masih menurut beliau, Pemprov Sumut berhasil menurunkan prevalensi stunting 2,2% di tahun 2023 menjadi 18,9%, dengan berbagai intervensi yang dilakukan. “Upaya penurunan prevalensi stunting kita berjalan dengan baik, kita akan terus tingkatkan dan tahun ini perlu penajaman anggaran dan juga evaluasi data, penggunaan teknologi untuk sistem data kita agar lebih baik,” ucap Hassanudin. Saat ini, menurut Hassanudin, masih banyak anggaran stunting yang kurang spesifik menangani stunting. Oleh karena itu, Hassanudin berharap kepada pemerintah kabupaten/kota termasuk Pemprov Sumut untuk lebih memperhatikan hal tersebut. “Kita perlu penajaman anggaran, tepat penggunaannya untuk menurunkan angka stunting, efisien dalam menggunakan anggarannya,” tegas Hassanudin. Sementara Sekretaris Umum BKKBN Tavip Agus Rayanto sebagai Keynote Speaker pada kegiatan ini mengatakan, ada empat yang bisa dilakukan untuk menurunkan prevalensi stunting. Pertama penggunaan satu data dan memanfaatkan teknologi, fokus kepada ibu hamil, mengaktifkan Posyandu, meningkatkan perhatian kepada baduta (bayi dua tahun), balita, sanitasi dan air bersih dan menyeleksi target intervensi bila terkendala masalah anggaran. “Data itu penting karena kita bergerak dari situ, kalau untuk mengejar penurunan signifikan pada bulan Oktober nanti saat evaluasi fokus pada ibu hamil, baduta dan Posyandu, bukan berarti untuk jangka panjangnya menurun perhatiannya karena sampai saat ini penanganan stunting di Sumut sudah baik,” kata Tavip Agus Rayanto. Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatangan kesepakatan bersama Sinergi Instansi dalam Edukasi Remaja 15-19 Tahun untuk pencegahan stunting dan penguatan Program Generasi Berencana. Kemudian di kesempatan tersebut juga PJ Gubernur Sumatera Utara memberikan Piagam penghargaan kepada Wakil Bupati Asahan atas Pelaksanaan DAK terbaik I Sub Bidang Penyerapan Anggaran tertinggi tahun 2023 Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan dan Pengendalian Penduduk Kabupaten Asahan. Pasca terima penghargaan, Wakil Bupati Asahan dalam keterangannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak terkait atas keberhasilan meraih penghargaan Pelaksanaan DAK terbaik I Sub Bidang Penyerapan Anggaran tertinggi tahun 2023. “Keberhasilan inj adalah kerja keras bersama, dan karenanya hal tersebut harus terus kita tingkatkan. Kita juga harus terus berupaya menjalankan program-program yang ada demi terwujudnya percepatan penanganan stunting, khususnya di Kabupaten Asahan”, ujar Wabup.(Bg)

Sasar Toko dan Pasar, Polsek Tembilahan Hulu Lakukan Monitoring Panic Buyying

0

Inhil – Polsek Tembilahan Hulu kembali melaksanakan kegiatan monitoring Panic Buying atau Aksi Membeli Besar-besaran dan membeli berlebihan serta pengawasan penimbunan bahan pokok di Wilayah hukum Polsek Tembilahan Hulu.

Monitoring ini dilakukan oleh Aiptu Nefli dan Bripka Al Hadid yang menyasar Toko dan pasar Kelurahan Tembilahan Hulu, Kecamatan Tembilahan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Riau, Senin (25/03/2024).

Kapolsek Tembilahan Hulu, AKP Ricky Marzuki menerangkan kegiatan ini dalam rangka pengawasan penimbunan bahan pokok selama bulan Ramadhan.

“Hasil monitoring tadi hingga saat ini belum ada kenaikan harga yang signifikan dan stok bahan pokok masih tersedia dan mencukupi,” ucap AKP Ricky.

Kemudian dia menerangkan bahwa dari kegiatan ini diharapkan kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembelian yang berlebihan.

“Kepada para pedagang diharapkan kesadaran hukum agar tidak melaksanakan penimbunan bahan pokok atau keperluan lain dan kepada masyarakat tidak membeli secara berlebihan (Panic Buying) sehingga tidak terjadi kelangkaan over suplai yang merusak kondisi Pasar dan Ekonomi,” tutupnya.

Sampaikan Pesan Kamtibmas, Polsek Tembilahan Hulu Gelar Jumat Curhat

Inhil – Dalam rangka menyambung silahturahmi dengan masyarakat dan menghimbau atau memberikan pesan kamtibmas, Personel Polsek Tembilahan Hulu melaksanakan Jumat Curhat.

Kegiatan berlangsung di Rumah Masyarakat di Jalan Gerilya, Parit 07 Kelurahan Tembilahan Barat Kecamatan Tembilahan Hulu, Mingguan (24/03/2024).

Kegiatan dipimpin Kanit Binmas Polsek Tembilahan Hulu Ipda Edi Yanto didampingi Bhabinkamtibmas Kelurahan Tembilahan Hulu Aipda Dedi H Alaiya.

Ipda Edi Yanto dalam kesempatan tersebut menyampaikan komitmen Polsek Tembilahan Hulu untuk senantiasa hadir di tengah warga masyarakat, silaturahmi guna menciptakan situasi aman yang kondusif.

““Kehadiran Polisi di tempat ini untuk Mengetahui dan menanyakan langsung keluhan terkait tentang Kamtibmas di lingkungan,” ujarnya.

Dia juga mengingatkan masyarakat terkait bahayanya Narkoba jangan dekati dan jangan melibatkan dirinya yang berhubungan dengan kejahatan Narkoba dan kepada orang tua agar anak-anaknya tidak ikutan kegiatan balap liar.

“Terkait keluhan masyarakat kami akan tindak lanjuti meningkatkan pelaksanaan patroli di lingkungan pemukiman warga,” tutupnya.

Serius Perhatikan Inhil, Anggota DPR RI Ini Anggarkan Pembangunan Jalan Menuju Wisata Religi

0
Pekanbaru – Jalan menuju wisata Religi Tuan Guru Sapat Syekh Abdurrahman Sidiq melintasi jalan Terusan Mas kelurahan Tembilahan Hilir menuju ke Kelurahan Sungai Perak dan menyebrang ke Desa Teluk Dalam masih perlu perhatian pembangunan.   Baru-baru ini memang sudah ada upaya dari pemerintah daerah kabupaten Indragiri Hilir melakukan perbaikan jalan, tapi hanya parit 16 menuju parit 19 kelurahan Tembilahan Hilir yang terealisasi dan untuk melanjutkan sampai ke penyebrangan masih terhitung jauh.   Padahal, jalan ini sudah sering diakses oleh masyarakat untuk berziarah ke makam tuan guru dan juga sebaliknya warga desa Teluk Dalam kecamatan Kuala Indragiri juga sering pergi ke Tembilahan untuk keperluan setiap hari melewati jalan ini.   Banyak sekali masyarakat berharap agar pembangunan jalan ini bisa dilanjutkan dan bisa segera dinikmati oleh masing-masing pengguna yang sering melintasi.   Tidak berselang lama kabar kelanjutan pembangunan jalan ini muncul kabar bahwa sudah mendapatkan anggaran pasti dan bisa dilaksanakan pada tahun 2024 ini.   Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Dr. H. Syahrul Aidi Maazat l, LC., MA sudah berupaya memperjuangkan jalan tersebut untuk mendapatkan anggaran pembangunan.   Saat dikonfirmasi informasi tersebut, media mencoba mengontak nomor WhatsApp nya mempertanyakan kebenarannya. Ustadz Syahrul yang baru saja terpilih kembali menjadi Anggota DPR RI ini membenarkan bahwa anggaran tersebut ada dan akan direalisasikan pada tahun 2024 ini.   Ia berharap, dengan adanya pembangunan tersebut bisa memudahkan masyarakat untuk menggunakan transportasi darat, membuka isolasi serta meningkatkan ekonomi.   “Iya benar, tahun 2024 ini. Semoga bisa terealisasi sesuai rencana dan bisa segera dinikmati oleh masyarakat dalam memudahkan akses transportasi darat, terbukanya isolasi dan juga menopang untuk meningkatkan ekonomi,” jelasnya, Sabtu (23/3/2024).   Di samping itu Ia juga menerangkan bahwa komitmen Partai PKS untuk memajukan daerah yakni dibuktikan dengan keseriusan memberikan anggaran betul-betul mengena terhadap pembangunan yang dibutuhkan masyarakat.   “PKS akan terus mendengarkan aspirasi masyarakat dan kita buktikan dengan menggelontorkan anggaran yang tepat sasaran,” ujarnya lagi.   Untuk diketahui pembangunan jalan menuju tuan guru sapat ini sudah berpuluh-puluh tahun lamanya dinantikan dan tahun ini sudah tampak berkisar Rp 34.095.750.000,- pagu yang siap dibangunkan.   Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS Kabupaten Indragiri Hilir, Yuslizar, S.Pi., M.Pi saat dikonfirmasi menyebutkan ucapan terimakasih kepada seluruh masyarakat kabupaten Indragiri Hilir yang telah mempercayakan suaranya untuk Partai PKS khusus buat Ustadz Syahrul Aidi Maazat karena dengan suara tersebut beliau bisa bekerja di pusat.   “Ucapan terimakasih kepada masyarakat kita yang sudah mempercayakan ustadz kita pada pemilu kemarin Alhamdulillah perwakilan kita sangat amanah dalam menjalankan tugas di pusat bukti nya langsung ada pagu anggaran yang turun,” kata Yuslizar yang juga dosen di Fakul Pertanian Universitas Islam Indragiri, Sabtu (23/03/2024).   Ketua DPD PKS Inhil ini menambahkan gelontorkan anggaran yang diturunkan oleh Ustadz Syahrul Aidi Maazat bukan lah ini kali pertama, tapi sudah banyak sekali yang direalisasikan namun untuk pembangunan jalan tersebut menjadi perhatian karena merupakan akses penting masyarakat untuk melaksanakan wisata Religi.   “Aspirasi pak Ustadz sudah banyak turun ke Inhil, namun untuk kali ini pembangunan jalan menjadi perhatian karena sudah lama dinanti masyarakat dan juga pembangunan ini merupakan sebuah penghormatan buat ulama kita terdahulu biar mudah untuk dikunjungi,” tukasnya.   Kendati demikian, Yuslizar berharap pembangunan tersebut lancar dan bisa bersinergi dengan Pemerintah Daerah dalam merealisasikannya ke depan.   “Mari bersama-sama kita doakan semoga pekerjaan ini lancar dan yang paling penting adalah mari kita kawal pembangunan ini baik sinergi dengan Pemda setempat dan juga masyarakat agar terwujud sesuai dengan rencana,” imbuhnya.   Selain jalan menuju makam Tuan Guru Sapat, terdapat juga aspirasi Ustadz Syahrul Aidi di kabupaten lain, berikut rinciannya:   1. Kegiatan pembangunan Peningkatan Jalan Simpang Bunut-Teluk Meranti, Luas Pengerjaan 6,30 Kilometer dan Alokasi Usulan Rp 52.746.000.000,-   2. Kegiatan pembangunan Peningkatan Jalan Simpang Kelayang-Teluk Sejua, Luas Pengerjaan 5,36 Kilometer dan Alokasi Usulan Rp29.682.967.000,-   3. Kegiatan pembangunan Peningkatan Jalan Tembilahan-Terusan Mas, Luas Pengerjaan 3,94 Kilometer dan Alokasi Usulan Rp34.098.750.000,-   4. Kegiatan pembangunan Peningkatan Jalan Pangkalan Baru-Bulub Nipis, Luas Pengerjaan 10,00 Kilometer dan Alokasi Usulan Rp53.171.700.000,-   Dari 4 kegiatan tersebut ditotalkan menjadi Rp169.699.417.000,- aspirasi dari Ustadz Syahrul Aidi untuk Pembangunan Infrastruktur di Provinsi Riau.

21 Siswa MTsN 2 Inhil Lulus ke MAN Insan Cendekia Melalui Jalur SNPDB

TEMBILAHAN — Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Indragiri Hilir (Inhil) kembali menorehkan prestasi lewat Seleksi Nasional Penerimaan Peserta Didik Baru (SNPDB) Madrasah Tahun 2024. Sebanyak 21 siswa MTsN 2 Inhil dinyatakan diterima di Madrasah Aliyah Insan Cendekia (MAN IC) yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Hj Sri Mulyati, Kepala MTsN 2 Inhil sangat bersyukur dan bahagia lantaran pada 2024 ini, 21 siswanya berhasil diterima di MAN IC. Diantara 19 di MAN IC Siak, satu di MAN IC Batam dan satu di MAN IC Jambi.

 “Syukur alhamdulillah, tahun ini siswa kami yang diterima di MAN IC lebih banyak daripada tahun kemarin,” ujarnya setelah memperoleh kabar hasil pengumuman, Rabu (20/3).

“Ini menunjukkan keberkahan luar biasa madrasah kita,” imbuh Sri Mulyati.

Hj Sri Mulyati menjelaskan, dari tahun ke tahun MTsN 2 Inhil tidak pernah absen mengirimkan siswa terbaiknya untuk melanjutkan pendidikan ke MAN IC.

Kepala Sekolah yang akrab dan murah senyum ini menyebutkan, pada 2023, terdapat 7 siswa MTsN 2 Inhil yang lulus melalui SNPDB, namun di tahun 2024 bisa lulus 21 siswa.

“Ini sungguh berkat rahmat Allah dan semangat tinggi dari para siswa dan guru pembimbingnya,” ungkapnya.

“Selamat atas prestasi kalian, kami bahagia dan bangga kepada kalian. Semoga kalian mampu mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang sudah kalian dapatkan, terutama prestasi akhlakul karimahnya. Terima kasih kepada para guru pembimbing dan orang tua siswa, semoga menjadi jariyah kita,” harap Hj Sri Mulyati yang mengaku juga mendapat ucapan selamat dari Kemenag Provinsi Riau atas prestasi yang membanggakan ini.

Wakil Kepala Madrasah bidang Akademik Muhammad Yamin menyampaikan pula, bahwa sebelumnya telah dilakukan pembimbingan secara rutin dan intensif kepada para peminat MAN IC, pihak sekolah juga mengadakan Bimbel untuk membekali para siswa.

“Usaha keras kita tidak sia-sia, terbukti dari 28 peminat MAN IC berhasil lulus 21 siswa dan ini lebih banyak daripada tahun kemarin,” terangnya.

“Ke dua puluh satu siswa tersebut, 19 siswa diterima di MAN IC Siak, 1 siswa di MAN IC Jambi, 1 siswa di MAN IC Batam,” ucap Muhammad Yamin.

Selain di MAN IC, siswa MTsN 2 Inhil juga berhasil masuk di beberapa sekolah unggulan di Riau, diantaranya MAN 1 Pekanbaru Tiga Orang, MAN 2 Pekanbaru Sembilan Orang, MAN 3 Pekanbaru satu orang,

Adapun siswa yang dinyatakan diterima di MAN IC Siak ialah, M Irsyada Qalbi, Gusti Muhammad Zaki, Muhammad Firdaus, Hilal Nov Tri Ratya, Salsabila Ramadani, Devi Cariani, M Kholilurrahman Najib, Muhammad Paiq A Musa, Muhammad Rafa Al-Maliki, Nazwa Aura Adiba, Rifki Rifani, Raditya Ardani Amanta, Azzam Ramadhan, Hazni Alfi Ulmia, Nailah Fauziah Fariska, Zays Hanan, Nabil Naib, Ghilni Efendi, Naquita Nurasifa,

MAN IC Batam, Annisa Zikra

MAN IC Jambi, Aida Azkia

MAN 1 Pekanbaru, Muahammad Rafa al-Maliki, Muhammad Rastra Syauqi Pratama , Nailah Fauziah Fariska.

MSN 2 Pekanbaru, M Fazil, Fathia Nurzafnie, Gilang Al Bukhari, M Dipo Arrafi, Hilal Nov Tri Ratya, M Irsyada Qalbi, Gusti Muhammad Zaki, M Kholilurrahman Najib, Raditya Ardani Amanta.

MAN 3 Pe


kanbaru, Ghilbi Efendi. (***)

Wakil Bupati Lantik Pejabat Administrator Dan Pejabat Pengawas Di lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan

ASAHAN – Berdasarkan surat keputusan Nomor 100.3.3.2-32-5.2 Tahun 2024 Keputusan Bupati Asahan tentang pemberhentian, pemindahan dan pengangkatan Pegawai Negeri Sipil dari dan dalam Jabatan Administrator dan Jabatan Pengawas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan. Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar, S. Sos. M. Si mengambil sumpah dan pelantikan I orang Pejabat Administrator dan 10 orang pejabat Pengawas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan. Tampak hadir Sekretaris Daerah, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Asisten Administrasi Umum, Staf Ahli Bupati Asahan, OPD, Camat Kisaran Barat, Camat Kisaran Timur, Camat Simpang Empat, Camat Aek Songsongan, Camat Bandar Pulau, Direktur PDAM tirta Silaupiasa, Ketua TP PKK Kabupaten Asahan serta Pengurus, Ketua DWP Kabupaten Asahan dan Pengurus beserta tamu undangan lainnya. Wakil Bupati Asahan pada pidatonya mengucapkan selamat kepada pejabat yang di lantik pada hari ini, saya yakin penempatan saudara pada jabatan yang baru merupakan pilihan yang terbaik saat ini guna dinamisasi dan optimalisasi laju organisasi. Kemudian perlu saudara ingat, kedepan saya akan menuntut pertanggung jawaban saudara semua atas kepercayaan yang telah saya berikan dalam bentuk mengangkat saudara sebagai pejabat pada jabatan yang saudara emban saat ini. ” Bekerjalah dengan integritas dan profesional dan jaga keselarasan agar semua pekerjaan, terutama yang jadi prioritas dapat terlaksana dengan pemahaman yang sama. Bekerjalah sesuai dengan kewenangan saudara, tidak memutuskan masalah yang bukan kewenangannya, pergunakan fasilitas sesuai dengan pangkat dan jabatan”, ucapnya. Lebih lanjut khusus nya kepada Saudari Nurasyah Harahap S.P., S. Pd., M. M sebagai Kepala Bagian Perencanaan dan Keuangan Sekretariat Daerah Kabupaten Asahan pastikan bahwa setiap kegiatan perencanaan dan pengelolaan keuangan di lakukan dengan transparansi dan akuntabilitas yang tinggi. Informasi mengenai anggaran dan keuangan haruslah tersedia secara jelas dan transparan. Lanjutnya, lakukan pengelolaan anggaran secara efesien dan efektif. Saudara bertanggung jawab untuk memastikan bahwa anggaran yang di alokasikan digunakan secara tepat sesuai dengan prioritas pembangunan dan keuangan pada Sekretariat Daerah Kabupaten Asahan. Kemudian bagi Pejabat pengawas baik perangkat daerah maupun di kecamatan yang mendapatkan promosi maupun mutasi, perlu saudara cermati bahwa jabatan saudara emban saat ini adalah sebuah amanah dan kepercayaan yang saya berikan kepada saudara yang harus di pertanggung jawabkan kedepan nantinya. Terakhir, Saudara harus mampu membuktikan kemampuan saudara dengan menunjukkan prilaku kerja dan prestasi kerja yang baik dimasa yang akan datang. Selain itu, agar saudara senantiasa meningkatkan kinerja, prestasi, dan disiplin kerja, jujur ikhlas, dan mendukung program dan kegiatan di tempat saudara bertugas.(Bg)

Manfaatkan Momentum Ramadhan, Polsek Tembilahan Hulu Bagikan Takjil kepada Masyarakat

0

Inhil – Di tengah nuansa suci bulan Ramadan, Polsek Tembilahan Hulu, Polres Indragiri Hilir, Polda Riau berbagi takjil gratis di sepanjang Jalan Gerilya Parit 7 Kelurahan Tembilahan Barat Kecamatan Tembilahan Hulu.

Kapolsek Tembilahan Hulu, AKP Ricki Marzuki pimpin langsung kegiatan berbagi takjil didampingi Kanit Binmas Polsek Tembilahan Hulu Ipda Edi Yanto, Bhabinkamtibmas Tembilahan Hulu Aipda Erdo Bamralegust, Bhabinkamtibmas Desa Sialang Panjang Bripka Sonny Pratama dan Bhabinkamtibmas Desa Sungai Intan Briptu Ilham Dinata.

AKP Ricki menjelaskan kegiatan berbagi takjil kepada masyarakat tersebut merupakan salah satu Program Polsek Tembilahan Hulu selama bulan suci Ramadhan 1445 H ini.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Polri khususnya Polsek Tembilahan Hulu kepada Masyarakat. Diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut dapat menumbuhkan rasa berbagi dan kepedulian kepada Masyarakat serta diharapkan dapat sedikit membantu Masyarakat yang kurang mampu,” ucapnya.

Dia menambahkan kegiatan ini tidak hanya sebagai ajang berbagi, kegiatan ini juga menjadi momen untuk mempererat tali silaturahmi antara Polsek Tembilahan Hulu bersama masyarakat di Kecamatan Tembilahan Hulu.

“Kebersamaan dalam berbagi menjadi momen penting dalam membangun hubungan yang harmonis dan saling peduli antara anggota Polsek Tembilahan Hulu dengan warga masyarakat,” terangnya.

Ciptakan Situasi Kamtibmas, Kapolsek Tembilahan Hulu Terjun Langsung Pimpin KRYD

0

Inhil – Bertempat di Jalan Provinsi Parit 12 Pulau Palas Kecamatan Tembilahan Hulu, Polsek Tembilahan Hulu melaksanakan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) pada Bulan Ramadhan 1445 H Tahun 2024 M.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengantisipasi tindak pidana dan gangguan kamtibmas lainnya di Wilayah Hukum Polsek Tembilahan Hulu yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Tembilahan hulu AKP Ricki Marzuki. SH.

Turut mendampingi Kapolsek, Ipda Edi Yanto, Aiptu Susilo Candra, Aiptu Aulia Qadri, Aipda Dedi H Laiya, Bripka Erdo Bamralegust, Bripka Al Hadid dan Bripda Awaludin, Jumat (22/03/2024).

Patroli ini menyasar pada tindak kriminal Pelaku (3C) yaitu Curas, Curat, Curanmor, Saja, Peredaran Narkoba, Premanisme, Miras, Prostitusi dan Balap Liar.

“Hari ini kami dari Polsek Tembilahan Hulu telah melaksanakan KRYD demi menjaga dan mengantisipasi tindak kejahatan di Kecamatan Tembilahan Hulu, dan Alhamdulillah hingga selesai tidak ditemukan tindakan-tindakan kejahatan,” ujar Kapolsek Tembilahan Hulu, AKP Ricki.

Dengan dilaksanakan KRYD selama Bulan Ramadhan 1445 H Tahun 2024 ini, kata Kapolsek diharapkan dapat mengantisipasi niat pelaku kejahatan dan mencegah tindak pidana lainnya agar terciptanya situasi yang aman dan kondusif di wilkum Polsek Tembilahan Hulu.

“Kami mengajak semua pihak dan warga Kecamatan Tembilahan Hulu untuk sama-sama berupaya dalam menciptakan situasi yang aman dan kondusif selama Bulan Ramadhan dan dapat berjalan dengan aman, nyaman dan kondusif,” tutupnya.

Bupati Asahan Serahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Unaudited T.A 2023

ASAHAN – Pemerintah Kabupaten Asahan menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Unaudited tahun anggaran 2023 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan Sumatera Utara, bertempat di Auditorium BPK RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara Jalan Imam Bonjol Medan, Rabu (20/03/2024). LKPD diserahkan oleh setiap Kepala Daerah sebagai bentuk pertanggungjawaban terhadap pengelolaan keuangan daerah, Pasal 56 Undang-Undang nomor 1 tahun 2004 menjelaskan bahwa Pemerintah Daerah wajib menyerahkan laporan keuangan unaudited kepada Badan Pemeriksa Keuangan. Penyerahan LKPD dilakukan tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir pada tiap tahunnya. Laporan keuangan unaudited tahun 2023 Pemerintah Kabupaten Asahan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Asahan H. Surya, BSc dan diterima langsung Kepala perwakilan BPK Sumatera Utara Eydu Oktain Panjaitan SE MM Ak CA CSFA. Penyerahan laporan keuangan unaudited tahun anggaran 2023 didahului dengan penandatanganan berita acara serah terima. Turut hadir dalam acara Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin, S.Sos, M.Si, Sekretaris Daerah Drs. John Hardi Nasution, M.Si, Para Auditor BPK Perwakilan Sumut, Asisten Administrasi Umum, Kepala BPKAD, Kepala Bappeda, Kepala Bappenda, Kepala Inspektorat, Kadis Kominfo, Kadis DLH. Kepala Perwakilan BPK Sumut dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Asahan karena telah menyerahkan LKPD 10 hari lebih cepat dari batas akhir penyerahan LKPD yaitu tanggal 30 Maret 2024 dan Kabupaten Asahan menjadi kabupaten ke 7 yang telah menyerahkan LKPD BPK perwakilan Sumut. Lebih lanjut Kepala BPK juga mengapresiasi atas tindaklanjut yang sudah dilakukan pemerintah kabupaten Asahan atas temuan BPK sudah mencapai 80 %. Selanjutnya BPK akan melakukan Pemeriksaan atas LKPD Kabupaten Asahan tahun 2023 secara lebih rinci mulai dari tanggal 24 Maret s/d 5 April 2024 dan 16 April s/d 29 April 2024. Sementara itu Bupati Asahan H. Surya, BSc menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Kepala BPK Perwakilan Sumatera Utara atas diterimanya Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Asahan untuk segera ditindaklanjuti dan dilakukan pemeriksaan atas laporan keuangan tersebut. ”Kami sangat mengharapkan dukungan dan support dari BPK perwakilan Sumatera Utara untuk dapat lebih baik lagi dalam mengelola keuangan daerah Kabupaten Asahan,” ujar Bupati. Bupati juga menyampaikan harapannya kepada seluruh perangkat daerah yang menjadi pengelola keuangan daerah utamanya BPKAD, Inspektorat dan BPK sebagai pemeriksa eksternal untuk bisa bersinergi dengan baik dan dapat menjadi benteng yang ampuh dalam menciptakan pengelolaan keuangan daerah yang akuntabel dan transparan.(Bg)

Pemerintah Kabupaten Asahan Siap Kawal THR Tahun 2024 Sampai Kepada Para Pekerja

ASAHAN – Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan membuka Posko Pengaduan Tunjangan Hari Raya (THR) Tahun 2024 kepada para pekerja/buruh di Kabupaten Asahan, Rabu (20/03/2024). Posko pengaduan ini merupakan salah satu cara Pemerintah Kabupaten Asahan untuk mengkawal THR para buruh yang telah bekerja di sebuah perusahaan. “Pemerintah Kabupaten Asahan akan mengkawal THR para pekerja/buruh yang ada di Kabupaten Asahan. Para pekerja/buruh berhak menerima THR dari perusahaan dimana tempatnya bekerja, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan, dan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan Bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan, pemberian THR Keagamaan merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh pengusaha kepada Pekerja/Buruh”, tegas Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan Dra. Meilina Siregar, M. Si saat di Konfirmasi di Ruang Kerjanya Kantor Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan. Meilina mengatakan, selain membuka posko pengaduan, Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan akan mengirimkan surat himbauan secara langsung kepada perusahaan yang ada di Kabupaten Asahan sesuai dengan Surat Ederan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor M/2/HK.04/III/2024 Tentang Pemberian THR Keagamaan Tahun 2024 Bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan. “Kami akan memberikan surat himbauan secara langsung kepada perusahaan yang ada di Kabupaten Asahan untuk memberikan THR kepada para pekerja/buruh paling lambat 7 hari sebelum Hari Raya Keagamaan dan memberikan bukti pemberian THR kepada Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan”, ujar Meilina. Apabila para pekerja/buruh tidak menerima THR dari perusahaan setelah 7 hari menjelang Hari Raya Keagamaan, Meilina meminta kepada para pekerja/buruh dapat mengadukan perihal tersebut ke Posko Pengaduan yang berada di Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan atau melalui Aplikasi Sistem Informasi Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan (SIKAS) dan dapat juga menguhubungi nomor pengaduan (082360343563). “Kami Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan akan menindaklanjuti pengaduan tersebut sesuai dengan tupoksi yang dimiliki. Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan siap mengkawal THR Tahun 2024 sampai kepada para pekerja/buruh di Kabupaten Asahan. Ditempat terpisah Bupati Asahan melalui Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Asahan Syamsuddin, SH, MM mendukung Posko Pengaduan THR Tahun 2024 tersebut, sehingga seluruh pekerja/buruh yang ada di Kabupaten Asahan dapat menerima haknya sebagai pekerja/buruh. “Apalagi menjelang Hari Raya Keagamaan, THR ini sangat bermanfaat bagi pekerja/buruh dalam merayakan Hari Raya Keagamaan tersebut”, ungkap Syamsuddin. Syamsuddin berharap, kebijakan yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah ini dapat diikuti seluruh perusahaan terkhusus perusahaan yang berada di Kabupaten Asahan dan Kepada Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan diharapkan dapat berkoordinasi dengan perusahaan yang ada di Kabupaten Asahan, sehingga pemberian THR kepada pekerja/buruh dapat diberikan sesuai apa yang diinginkan. Terakhir Syamsuddin mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa 1445 H, tingkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, agar kita menjadi hamba yang beruntung di Ramadhan tahun ini.(Bg)

Forum Pers Peduli Inhil Akan Sampaikan Aspirasi Ke Mendagri, Minta Pj Bupati Inhil Di Copot

Tembilahan – Forum Pers Peduli Indragiri Hilir (Inhil) akan menyampaikan aspirasi langsung kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) terkait kinerja Pj. Bupati Inhil Herman. Sekitar 40 pewarta yang bertugas di Kabupaten Inhil dari berbagai organisasi yaitu, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Ikatan Wartawan Online (IWO), Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), Jaringan Media Siber Indonesia) akan bertolak ke Kantor Kemendagri Jakarta dalam waktu dekat. Ketua IWO Riau Muridi Susandi menjelaskan, pers di Kabupaten Inhil memantau dalam beberapa waktu terakhir PJ Bupati Inhil, Herman tidak lagi menjalankan tugasnya sebagai pemimpin yang diharapkan. “Terlihat adanya dugaan penyalahgunaan jabatan demi kepentingan maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada tahun 2024 mendatang,” ujarnya mewakili Forum Pers Peduli Inhil, Rabu (20/3/24) malam. Sandi sapaan akrabnya menuturkan, pada kesempatan tersebut nantinya forum pers Peduli Inhil akan membawa surat permohonan pencopotan PJ Bupati Inhil Herman yang di tandatangani seluruh insan pers Inhil, baik itu cetak, online dan elektronik. “Dalam surat tersebut kami melampirkan kebijakan Pj Bupati Inhil yang dinilai mengganggu keharmonisan antar pemimpin dan masyarakat pada saat ini,” tuturnya. Lebih rinci Sandi membeberkan, beberapa kebijakan yang menjadi sorotan yaitu, kebijakan yang dikeluarkan oleh PJ Bupati tidak diiringi solusi, serta kuat dugaan ingin melemahkan ekonomi masyarakat, seperti membongkar pasar Kelapa Gading dan Dayang Suri. Selanjutnya dugaan mencoba melakukan Korupsi Kolusi Nepotisme (KKN) dengan mengeluarkan kebijakan pencetakan reklame dilakukan satu pintu sehingga berimbas kepada perusahaan percetakan karena tidak mendapatkan akses yang sama. Berkembangnya isu mutasi pegawai yang disampaikan Pj di sejumlah sambutannya, sehingga membuat ketakutan para birokrasi melaksanakan kegiatan yang berdampak lambatnya realisasi kegiatan dinas. Indikasi penyalahgunaan jabatan demi kepentingan politik Pj Bupati Inhil terlihat dari seringnya kegiatan blusukan ke kecamatan dan desa-desa selayaknya Bupati Definitif. “Mengingat Pilkada serentak tidak lama akan dilaksanakan, kami mohon kepada Kemendagri agar mencopot PJ Bupati Inhil, Herman dan mengganti dengan Aparatur Sipil Negeri lainnya agar tetap kondusif,” pungkas Sandi.                      

Aktif Lakukan Cooling Sistem Pasca Pemilu, Kapolsek Tembilahan Hulu Komitmen Ciptakan Situasi Kondusif

0
Inhil – Anggota Polsek Tembilahan Hulu aktif menjalin sinergitas dengan masyarakat Kecamatan Tembilahan Hulu dalam upaya menjaga kondusifitas di masyarakat pasca Pemilu 2024.   Hal itu berdasarkan Program Prioritas Kapolri No.VII Poin 32 tentang Penguatan Harkamtibmas dan pergelaran personil berseragam pada daerah rawan kejahatan serta dalam rangka pelaksanaan OMB ( Ops Mantap Brata ) Lancang Kuning 2023-2024″.   Kanit Binmas Polsek Tembilahan Hulu Ipda Ediyanto melakukan cooling sistem pasca pemilu 2024 di Desa Pulau Palas Kecamatan Tembilahan Hulu, Kamis (21/03) 2024).   Ipda Ediyanto mewakili Kapolsek Tembilahan Hulu, AKP Ricky Marzuki menegaskan komitmennya untuk menciptakan suasana yang kondusif di tengah-tengah masyarakat pasca pelaksanaan Pemilu 2024.   “Kami terus melakukan berbagai upaya, seperti sosialisasi, edukasi, kunjungan ke seluruh lapisan masyarakat agar bersama-sama menjaga kondusifitas di wilayah kecamatan Tembilahan Hulu,” ujarnya.   Dalam setiap kegiatan sosialisasi dan edukasi, Kapolsek Tembilahan Hulu berfokus pada pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan di antara masyarakat, serta mendorong untuk menyelesaikan segala perbedaan atau konflik secara musyawarah dan dialogis.      

Polsek Tembilahan Hulu Bertukar Informasi dengan Masyarakat Lewat Jumat Curhat

0
Inhil – Polsek Tembilahan Hulu menggelar Jumat Curhat bersama masyarakat di Jalan Baharuddin Yusuf Parit 07 Kelurahan Tembilahan Hulu Kecamatan Tembilahan Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Riau, Rabu (20/03/2024).   Acara yang dihadiri Kanit Binmas Polsek Tembilahan Hulu Ipda Edi Yanto dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Tembilahan Hulu Bripka Erdo ini untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk berbicara dan bercerita kepada aparat kepolisian tentang segala keluh kesah yang mereka hadapi.   Dalam suasana yang sejuk ini masyarakat terbuka menyampaikan keluh kesah dan kendala dalam lingkungan masyarakat dan Personel Polsek Tembilahan Hulu pun menerima aduan masyarakat tersebut.   “Di tengah tantangan yang dihadapi oleh masyarakat, kegiatan seperti ini menjadi wadah yang sangat berharga untuk memperkuat hubungan antara polisi dan masyarakat serta membangun kepercayaan dan kerjasama yang lebih baik di masa depan,” ucap Ipda Edi Yanto.   Kegiatan ini kata Ipda Edi Yanto akan rutin dilakukan sebagai sarana agar masyarakat dalam menyampaikan persoalan-persoalan yang terjadi.   “Kami akan menerima semua masukan dan curhatan masyarakat dan tentunya kami akan turun membantu mencari solusi dan meringankan permasalahan yang ada,” tutupnya.

Safari Ramadhan ke 2, Bupati Asahan Ajak Lapisan Masyarakat Jaga Situasi di Wilayahnya

ASAHAN – Bupati Asahan H. Surya, BSc mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat agar secara bersama-sama menjaga situasi dan kondisi di wilayah masing-masing sehingga tetap kondusif serta tidak mudah terpancing dengan isu-isu yang menyesatkan. Hal ini dikatakan Bupati Asahan saat memberikan bimbingan dan arahannya pada Safari Ramadhan ke-2 di Masjid Al Mukhlisin Desa Urung Pane Kecamatan Setia Janji, Selama (19/03/2024) malam. Selain itu Bupati mengajak seluruh lapisan masyarakat, untuk bersama-sama meningkatkan kwalitas, keimanan, ketakwaan dan keilmuan sehingga diharapkan dapat terbentuk masyarakat Asahan yang Berkemampuan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) dan bersemangat Imtak (Beriman dan Bertakwa). Terakhir Bupati mengajak, untuk meningkatkan semangat gotong-royong sehingga bisa terpupuk rasa kebersamaan dan silaturrahmi yang erat diantara kita. Dikesempatan ini para jamaah sholat tarawih diberikan tausiyah agama oleh Al Ustadz H. Subuh Henni yang mengajak untuk meningkatkan ketaqwaan dan keimanan kepada Allah SWT di bulan Suci Ramadhan. Selain itu Al Ustadz juga mengajak seluruh jamaah tarawih untuk memperbanyak infak dan sedekah selama bulan Suci Ramadhan, karena infak dan sedekah menyelamatkan kita di dunia dan akhirar Sebelumnya Bupati Asahan menyerahkan bingkisan kepada Ketua BKM Masjid Al-Mukhlisin berupa uang tunai sebesar Rp. 2.000.000 dan vacum cleaner serta santunan kepada anak yatim sebanyak 25 secara simbolis.(Bg)

Cooling Sistem Pasca Pemilu, Bhabinkamtibmas Tembilahan Hulu Beri Sosialisasi pada Remaja

0

Inhil – Personel Polsek Tembilahan Hulu kembali melakukan Cooling Sistem dalam rangka menjaga Kamtibmas usai Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang dilakukan di Desa Pulau Palas, Kecamatan Tembilahan Hulu, Selasa (19/03/2024).

Kali ini berbeda, cooling sistem yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Tembilahan Hulu Bripka Erdo Bamralegust menargetkan pemilih pemula atau remaja berusia 17 tahun.

Dia menerangkan dalam pelaksanaan bahkan hingga selesai tahapan-tahapan pemilu semua elemen masyarakat diharapkan mampu menjaga keamanan dan ketertiban sebagai wujud demokrasi.

Tentunya hal itu tidak hanya dilakukan oleh orang-orang dewasa saja, anak-anak terlebih remaja yang berusia 17 tahun sebagai pemilih pemula hendaknya diberikan sosialisasi dan imbauan untuk tetap menjaga Kamtibmas pasca pemilu.

“Dalam kesempatan itu, kami memberikan  sosialisasi kepada remaja-remaja untuk tidak terpengaruh berita hoax dan jangan mudah terprovokasi karena pemilu masih hal yang baru bagi mereka,” ujar Bripka Erdo.

Wakil Bupati Asahan Gelar Safari Ramadhan Hari ke-2

ASAHAN – Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar, S.Sos, M.Si menggelar safari ramadhan di Mesjid Raya Pekan Sei Kepayang, Senin (18/03/2024). Tampak hadir Kepala Dinas PMD, Sekretaris Kominfo, Ketua Imtaq Kabupaten Asahan, Camat Silau Laut, Kepala Desa Silo Bonto, Danramil, Babinkamtibnas Silo Bonto, Ketua BKM Mesjid Ikhwanul Yaqin, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama serta jamaah lainnya Sambutan kepala desa silo bonto M. Husni mengucapkan terimakasih kepada bapak Bupati dan Wakil Bupati Asahan karena di kempimpinan bapak Desa Silo bonto ini lebih terjamah Wakil Bupati Asahan memberikan santunan kepada anak yatim dan kaum duafa serta pemberian cinderamata kepada BKM Mesjid Ikhwanul Yaqin Di lanjutkan amanat Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar, S.Sos, M.Si menyampaikan kegiatan Safari Ramadhan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk membuka jalannya komunikasi antara Pemerintah Kabupaten Asahan, organisasi keagamaan, para ulama dan seluruh khalayak masyarakat untuk dapat saling gotong royong dalam membangun dan memperkuat sinergitas kolaborasi melaksanakan pembangunan dan kemajuan di wilayah Kabupaten Asahan serta masyarakat dapat mengambil makna positif di bulan yang penuh keberkahan ini untuk berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan kepada sesama insan . Ceramah diisi oleh H.Ahmad Qosyim Marpaung tentang syarat dan wajib sholat.(Bg)

Sekda Asahan Safari Ramadhan Perdana Di Desa Subur

ASAHAN – Hari ini, Senin (18/3/2024), Pemerintah Kabupaten Asahan mulai melaksanakan Safari Ramadhan 1445H. Kegiatan yang dilaksanakan oleh tim safari ramadhan selama 4 hari berturut-turut mulai hari ini, direncanakan dapat mengunjungi 177 Desa dan 27 Kelurahan Se- Kabupaten Asahan. Masjid Nurul Hidayah Dusun I Desa Subur Kecamatan Air Joman menjadi salah satu Masjid yang dikunjungi oleh Tim Safari Ramadhan Pemkab Asahan. Sekda Asahan pimpin langsung kunjungan Tim Safari Ramadhan yang juga turut dihadiri Kepala Desa Subur, Ketua BKM Masjid Nurul Hidayah dan masyarakat. Kepala Desa Subur Kecamatan Air Joman Zailani, SH dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Tim Safari Ramadhan Pemkab Asahan yang dalam kunjungan ke Desa Subur tahun ini dipimpin langsung oleh Sekda Kabupaten Asahan. Dirinya juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran seluruh Tim Safari Ramadhan dan berharap pelaksanaan safari ramadhan ini dapat benar-benar bermanfaat bagi masyarakat khususnya di Dusun I Desa Subur. Dalam kesempatan tersebut Sekda berkesempatan menyerahkan bingkisan kepada BKM Masjid Nurul Hidayah berupa Sementara Bupati Asahan dalam sambutannya yang disampaikan Sekda Drs. John Hardi Nasution, M.Si berharap Ramadhan tahun ini dapat menjadi momentum perubahan bagi seluruh umat Islam khususnya di Kabupaten Asahan. Sekda juga berharap momentum Ramadhan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan serta lebih menumbuh kembangkan nilai ukhuwah diantara sesama. “Selamat menunaikan ibadah puasa, kiranya Ramadhan tahun ini benar-benar meningkatkan nilai kebaikan bagi diri kita”, pungkas Sekda. Al Ustadz Subuh dalam tausyiahnya menyampaikan bahwa Ramadhan merupakan Bulan yang penuh dengan pengampunan. Karena itu, dirinya berpesan kepada jamaah untuk memanfaatkan Ramadhan dengan memaksimalkan kualitas dan kuantitas ibadah seraya berharap pengampunan dari Allah SWT.(Bg)

Masjid Taqwa, Awal Safari Ramadhan Bupati Asahan

ASAHAN – Masjid Taqwa yang berada di Kelurahan Binjai Serbangan Kecamatan Air Joman, menjadi awal Safari Ramadhan Bupati Asahan H. Surya, BSc, beserta rombongan, Senin (18/03/2024) malam. Kunjungan Safari Ramadhan ini menjadi suatu kebanggaan bagi masyarakat dan jamaah Masjid Taqwa. Ini terlihat dari antusias masyarakat dan jamaah menyambut kedatangan Bupati Asahan beserta rombongan di Masjid Taqwa tersebut. “Kehadiran Bupati Asahan Kemasjid Taqwa ini menjadi suatu kebanggaan dan kehormatan bagi kami, semoga ini menjadi motivasi dan sprit bagi kami untuk lebih baik lagi kedepannya. Terima kasih atas bantuan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Asahan kepada kami, bantuan ini akan kami manfaatkan untuk kepentingan Masjid Taqwa”, ucap Agus Salim tokoh masyarakat di Kelurahan tersebut. Sebelum memberikan bimbingan dan arahannua Bupati Asahan menyerahkan bingkisan kepda BKM Taqwa berupa uang tunai 2 juta dan vacum cleaner serta santuan kepada 25 anak yatim secara simbolis. Bupati Asahan pada bimbingan dan arahannya mengatakan setiap tahunnya pada Bulan Ramadhan Pemerintah Kabupaten Asahan secara rutin melakukan kunjungan Safari Ramadhan ke setiap Desa/Kelurahan yang ada di Kabupaten Asahan, keberadaan rombongan Safari Ramadhan Pemkab Asahan di tengah bapak/ibu sekalian merupakan upaya untuk memupuk jalinan silaturahmi, antara Pemerintah (Umaro) dengan Ulama dan Umat (Masyarakat). Kegiatan ini merupakan langkah untuk membangun Ukhuwah Islamiyah. Sehingga diharapkan dapat terbangun hubungan yang harmonis antara Umaro, Ulama dan Umat. Oleh karena itulah, Pemerintah Kabupaten Asahan sangat berharap agar pada Bulan Ramadahan kali ini bisa menjadi ajang perbaikan bagi kita semua sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing, dan pada Bulan Ramadhan ini pula menjadi jembatan silaturrahmi untuk bertemu dan bertatap muka langsung dengan masyarakat sebagai bukti kepekaan dan kedekatan pemerintah dengan masyarakat. Lebih lanjut Bupati mengatakan, kegiatan Safari Ramadhan ini merupakan salah satu aplikasi dari Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Asahan yaitu Mewujudkan Masyarakat Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter. Untuk itu azas kebersamaan merupakan upaya yang dilakukan antara Pemerintah dengan masyarakat agar tetap selaras dan bersinergi. Mari kita tetap menjaga persatuan dan kesatuan, jangan mudah terprovokasi dengan isu-isu yang dapat memecah belah rasa persaudaraan dan silaturrahim diantara kita.(Bg)

Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Pimpin Upacara Hari Kesadaran Nasional

Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution, M.Si memimpin Upacara hari kesadaran Nasional bulan Maret 2024 di halaman Kantor Bupati Asahan, Senin (18/03). Tampak hadir Asisten, Staff Ahli, OPD, Sekretaris OPD, Camat se-Kabupaten Asahan, ASN se-Kabupaten Asahan serta tamu undangan lainnya Sebelum memulai amanatnya Sekda memberikan penali kasih kepada PNS yang pensiun tahun 2023. Warisman Manik (Korwil Pendidikan Kec. Silau Laut), Nurcahaya (Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Asahan), Basaria Ginting (RSUD HAMS), Enny Hasroni, S. Pd (SMP Negeri 1 Kisaran), Natalia Simanjuntak, S. Pd (SMP Negeri 6 Kisaran), Sugiarti S. Pd. SD ( Korwil Pendidikan Kec. Kota Kisaran Timur). Mengawali amanatnya, Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution, M.Si memberikan ucapan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1443 H kepada seluruh jajaran yang ada Pemerintah Kabupaten Asahan. Mari kita sambut bulan Ramadhan ini dengan penuh hikmah, menjaga toleransi, produktifitas agar seluruh kegiatan dalam rangka amaliyah Ramadhan yang kita laksanakan dapat berjalan dengan baik “Kepada seluruh ASN untuk tidak mengurangi kesiapsiagaan sehingga dapat meminimalisir berbagai permasalahan yang nanti dapat terjadi dan memberikan pelayanan yang baik terlebih di bulan puasa,” tegas Sekda.(Bg)

Bupati Asahan Buka Rakorpem Bulan Oktober

ASAHAN – Bupati Asahan H Surya BSc membuka Rapat Koordinasi Pemerintahan (Rakorpem) Bulan Maret Tahun 2024 di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Senin (18/03/2024). Turut hadir Wakil Bupati Asahan, Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Para Asisten, Staf Ahli, OPD, Camat se-Kabupaten Asahan dan Kepala Puskesmas. Dalam pidatonya, Bupati Asahan mengatakan Bulan Maret ini sangat berbeda dari bulan sebelumnya karena bulan ini bersamaan dengan masuknya Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriah Tahun 2024. “Untuk itu saya mengajak seluruh umat Islam untuk menyambut Bulan Suci Ramadhan dan menjalankan Ibadah Puasa dengan penuh syukur, serta dalam nuansa persaudaraan yang rukun dan damai. Kepada Kepala OPD dan Camat untuk mengajak seluruh masyarakat yang tidak melaksanakan ibadah puasa, kiranya dapat menunjukkan toleransi yang tinggi dengan menghormati dan menghargai saudara-saudara kita yang menjalankan Ibadah Puasa”, ungkapnya. Bupati mengatakan, didalam Bulan Ramadhan 1445 Hijriah ini, banyak kegiatan yang rutin kita lakukan yakni, Safari Ramadhan, kegiatan ini akan dilaksanakan selama empat hari yang dimulai dari tanggal 18-21 Maret 2024. “Substansi dari kegiatan ini adalah menjalin silaturahim dengan semua lapisan masyarakat di Asahan. Selaku Pejabat Daerah yang diberi amanah, sudah selayaknya lah kita melebur dengan masyarakat Asahan dalam kegiatan Safari Ramadhan dan kegiatan sosial lainnya”, ucapnya. Selanjutnya memperingati Malam Nuzulul Qur’an. “Hari ini kita sudah memasuki hari ke 6 Ramadhan dan setiap hari ke 17 Ramadhan, kita akan memaknai turunnya ayat Suci Al-Qur’an yang jatuh pada tanggal 28 Maret 2024. Kegiatan ini di isi dengan ceramah agama dan doa bersama. Kepada Kepala OPD, Kepala Bagian, Camat dan Kepala Puskesmas yang beragama Islam agar hadir bersama jajarannya ke Masjid Agung H. Achmad Bakrie untuk memperingati Malam Nuzulul Qur’an”, ujarnya Kegiatan selanjutnya Bupati menyampaikan pengumpulan zakat. Melalui Unit Pengumpulan Zakat (UPZ), mari kita serahkan zakat kita ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Asahan. Kegiatan pengumpulan akan dilaksanakan pada tanggal 5 April 2024. Semoga zakat yang terkumpul tahun ini lebih banyak dari tahun lalu. Terakhir terkait infaq dan sedekah dalam rangka kegiatan Ramadhan 1445 Hijriah pada Masjid Agung H. Achmad Bakrie Pemerintah Kabupaten Asahan, agar segera dikumpulkan baik secara langsung maupun transfer.   (Bg)

Aktif di Medsos Sejak Menjabat Pj Bupati Inhil, Publik Sebut Mirip Kampanye Online

0
Inhil – Penjabat Bupati Kabupaten Indragiri Hilir, Herman kian hari kian tampil memukau dalam setiap menjalankan roda pemerintahan daerah. Bukan hanya aksinya yang nyata menjadi perbincangan tapi publis kegiatannya juga terinventarisir rapi dalam media sosial (Medsos) miliknya.   Dari pantauan media, tampak sejak PJ Bupati Herman menjabat di kabupaten Indragiri Hilir media sosial miliknya juga baru dirilis, dan postingan pertamanya juga langsung yang berkaitan dengan kegiatannya di Indragiri Hilir.   Terlihat ada 4 media sosial milik Herman yang selalu ditampilkan dalam baleho jika ada kegiatan pemerintahan daerah tampil di publik. Media sosial pertama adalah Halaman Facebook dengan nama akun @H. Herman ST. MT, kemudian ada akun Instagram dengan akun bernama @officialherman31, selanjutnya ada akun Tik Tok dengan nama akun @officialherman31 terakhir ada akun YouTube dengan nama akun @Hermanofficialchannel.   Dari 4 akun media sosial ini setelah dilakukan penelusuran terdapat 3 akun yang bisa ditemukan dan aktif memposting kegiatan PJ Bupati serta aktifitasnya menuntaskan pekerjaan pemerintah daerah, adapun akun yang aktif adalah media sosial Halaman Facebook, TikTok dan Instagram, sementara akun YouTube belum bisa ditemukan di mesin pencarian.   Di samping keaktifan media sosial tersebut terdapat juga pertanyaan dari masyarakat mencurigai indikasi PJ Bupati Inhil bakal berlayar pada pemilu mendatang.   Berdasarkan pembuatan akun yang baru saja dilakukan sejak Ia menjabat sebagai PJ Bupati Inhil dan dilihat dari postingan pertamanya juga dimulai sejak kegiatan di Indragiri Hilir.   “Media sosial pribadi sudah mulai gencar melakukan publikasi kegiatan selama menjabat Bupati Inhil, wajar saja publik curiga akan peluang beliau maju pada pilkada mendatang. Jika memang untuk koleksi pribadi tentunya sudah dibuat sewaktu masih Dinas di Pekanbaru, namun ini baru dibuat, dan positigan pertama beliau tentang kegiatannya di Inhil. Tujuan akun tersebut mirip seperti gaya kampanye online di media sosial,” ujar sumber tidak mau disebutkan namanya, Senin (18/03/2024).   Sementara itu, Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), HM Arifin saat dikonfirmasi media menyebutkan belum mengetahui media sosial milik PJ Bupati Inhil tersebut.   Arifin menambahkan pihaknya cuma mengetahui jika kegiatan PJ Bupati Herman hanya dipublikasikan ke akun resmi media sosial milik pemerintah daerah yakni @Prokopim Kabupaten Inhil. Untuk itu Ia akan terlebih dahulu mempelajari akun media sosial tersebut.   “Saya belum tau kalau ada milik pribadi pak PJ Bupati, yang kami tau adalah akun resmi milik Pemerintah Daerah yakni @Prokopim Kabupaten Inhil. Kami mau pelajari dulu akun yang dimaksud,” ujarnya, Senin (18/3/2025).     Adapun akun medsos milik PJ Bupati Inhil yang bisa dikunjungi dengan cara klik akunnya berikut ini:   Akun Halaman Facebook @H. Herman ST. MT   Akun Instagram @officialherman31 Akun Tik Tok @officialherman31   Itulah tadi informasi terkait akun media sosial milik PJ Bupati Inhil.  

Polsek Tembilahan Hulu Intensif kan Cooling Sistem Cegah Gangguan Kamtibmas Pasca Pemilu

0
Inhil – Polsek Tembilahan Hulu terus mengintensifkan strategi “Cooling System” pasca pemungutan suara Pemilu 2024 untuk menjaga suasana sejuk, damai, dan aman di wilayah hukum Polsek Tembilahan Hulu.

Kegiatan sambang yang dilakukan ini guna untuk mengajak masyarakat menjauhi Narkoba dan Perjudian dan tetap bekerja sama aktif menjaga Kamtibmas yang Kondusif serta Mengajak kepada masyarakat agar Sepenuh Hati menjaga suasana yang aman kondusif dan damai usai Pelaksanaan Pemilu 2024.

Kegiatan yang dipimpin P.s Kanit Intelkam Polsek Tembilahan Hulu, Aipda Sumber Sonywan. S ini dilakukan di Desa Pulau Palas, Kecamatan Tembilahan Hulu, Senin (18/03/2024).

Menurut Aipda Sony, kegiatan dalam rangka pelaksanaan OMB ( Ops Mantap Brata ) Lancang Kuning 2023-2024 ini merupakan antisipasi terjadinya gangguan Kamtibmas di Wilkum Polsek Tembilahan Hulu.

“Kegiatan ini sebagai upaya menjaga situasi Kamtibmas pada masa pasca Pemilu ini dan hal itupun disambut baik oleh masyarakat, hingga selesai, kegiatan berjalan dengan lancar,” ucap Aipda Sony.

Diwakili Kanit Binmas, Kapolsek Tembilahan Hulu Pimpin Giat Jumat Curhat

0

Inhil – Kapolsek Tembilahan Hulu, AKP Ricky Marzuki diwakili Kanit Binmas Polsek Tembilahan Hulu Ipda Edi Yanto memimpin kegiatan Jumat Curhat bersama masyarakat Kecamatan Tembilahan Hulu, Minggu (17/03/2024).

Turut mendampingi Bhabinkantibmas Kelurahan Tembilahan Hulu Bripka Erdo. Kegiatan menyasar kepada masyarakat sekitar Jalan Gerilya Parit 09 RT 01 RW 13 Kelurahan Tembilahan Hulu Kecamatan Tembilahan Hulu.

Ipda Edi mengatakan maksud dan tujuan kegiatan adalah untuk mendekatkan diri kepada warga masyarakat serta menerima segala aspirasi dan keluhan masyarakat dan memberikan imbauan kamtibmas kepada masyarakat,

Dalam kesempatan itu, pihaknya mengimbau dan mengajak para warga masyarakat agar bersinergi bersama–sama menjaga keamanan kamtibmas di lingkungan atau tempat tinggal masing masing agar aman.

“Kami juga meminta kerjasamanya untuk bersama sama mengimbau anak-anak kita agar tidak melakukan aksi balapan liar, memasang knalpot brong dan melaksanakan aksi pawai, yang dapat membuat situasi kamtibmas di wilayah kita tidak nyaman dan mengganggu ibadah di Bulan Ramadhan,” ujarnya.

Ciptakan Situasi Damai Pasca Pemilu, Tim OMB Polsek Tembilahan Hulu Kembali Sambangi Warga

0
Inhil – Tim Operasi Mantap Brata (OMB) 2024 Polsek Tembilahan Hulu melakukan kegiatan sosialisasi atau imbauan kepada masyarakat umum di sekitaran Jalan Provinsi parit 11 Desa Pulau Palas Kecamatan Tembilahan Hulu, Sabtu (16/03/2024).   Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong masyarakat agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan dalam rangka mewujudkan terciptanya situasi pasca Pemilu 2024 yang aman dan damai.   Hadir dalam kesempatan tersebut PS.KA SPK III Polsek Tembilahan Hulu Aiptu Aulia Qadri, Bhabinkamtibmas Sialang Panjang Bripka Sonny Pratama dan Banit Reskrim Bripka Alhadid.   Aiptu Aulia Qudri mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pihaknya dalam menjaga situasi yang kondusif pasca Pemilu 2024 khususnya di Kecamatan Tembilahan Hulu.   Selain itu, pihaknya juga berharap kegiatan ini dapat membantu mewujudkan situasi yang aman dan damai pasca Pemilu 2024. Dengan demikian, persatuan dan kesatuan masyarakat dapat terjaga.   “Dari kegiatan ini kita mengharapkan terciptanya suasana kondusif Pasca Pemilu Tahun 2024 khususnya di Kecamatan Tembilahan Hulu Kabupaten Indragiri hilir,” tutupnya.

Pemerintah Kabupaten Asahan Gelar Buka Puasa Bersama

ASAHAN – Pemerintah Kabupaten Asahan menggelar buka puasa bersama di Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan, Jum’at (15/03/2024). Turut hadir Kapolres Asahan, Dandim 0208/AS, Kajari Asahan, Mewakili Ketua DPRD Kabupaten Asahan, Mewakili Danlanal TBA, Danyon 126, Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Kakankemenag, Asisten, Staff Ahli, OPD, Camat se-Kabupaten Asahan, Ketua Imtaq, Ketua FKUB serta tamu hadirin lainnya Dalam sambutannya Bupati Asahan H.Surya BSc menyampaikan terimakasih pada semua yang dapat hadir pada hari ini sehingga kegiatan rutin tahunan kita buka puasa bersama dapat terselenggara dengan baik dan lancar. Bupati mengatakan kegiatan hari ini bertepatan dengan hari lahirnya Kabupaten Asahan yang ke-78. Suatu tentang sejarah yang cukup panjang untuk tetap eksis dalam menyelenggarakan tata kelola Pemerintah yang efektif, inovatif, professional dan akuntabel menuju masyarakat Asahan sejahtera yang religius dan berkarakter. “Pada tanggal 8 sampai 21 Maret 2024 akan di laksanakan kunjungan tim safari ramadhan 1445H,” Pesan Bupati. (Bg)

PT Inalum Persero Serahkan Betor dan Mobil Pengangkut Sampah Kepada Pemerintah Kabupaten Asahan

ASAHAN – Sebagai bentuk dukungan terhadap program Pemerintah Kabupaten Asahan, PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) Persero memberikan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa 10 unit Betor dan 1 unit Mobil Pengangkut Sampah kepada Pemerintah Kabupaten Asahan di Halaman Kantor Bupati Asahan, Jum’at (15/03/2024). Penyerahan bantuan tersebut diberikan langsung oleh Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Lingkungan PT. Inalum Persero Ali Hasian Harahap kepada Bupati Asahan H. Surya, BSc disaksikan Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Asahan, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Asahan dan Jajaran PT. Inalum Persero. Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Asahan H. Rahmat Hidayat Siregar, S. Sos, M. Si mengatakan, bantuan 10 unit betor sampah ini, nantinya akan dipergunakan untuk mengangkut sampah yang ada didalam perumahan di Kota Kisaran. Untuk 1 unit mobil pengangkut sampah akan dipergunakan untuk mengangkut sampah yang ada di Kota Kisaran. “Dengan adanya bantuan CSR yang diberikan PT. Inalum Persero ini akan menambah armada pengangkut sampah, sehingga Asahan yang Bersih dan Sehat dapat kita wujudkan”, ungkapnya. Ditempat yang sama Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Lingkungan PT. Inalum Persero Ali Hasian Harahap mengatakan, bantuan CSR yang diberikan ini merupakan bentuk dukungan PT. Inalum Persero kepada program Pemerintah Kabupaten Asahan. “Semoga bantuan CSR ini dapat bermanfaat bagi Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Asahan,” ucapnya. Ali mengatakan, bantuan CSR ini menindaklanjuti permintaan dari Pemerintah Kabupaten Asahan kepada PT. Inalum Persero terkait pemberdayaan masyarakat terhadap lingkungan hidup mengenai kebersihan Kota Kisaran. Diharapkan bantuan CSR yang diberikan ini dapat bermanfaat bagi Pemerintah maupun masyarakat Kabupaten Asahan”, ujarnya. Sementara Bupati Asahan, mengucapkan terima kasih kepada PT. Inalum Persero yang telah memberikan CSR nya kepada Pemerintah Kabupaten Asahan berupa 10 unit Betot dan 1 unit Mobil Pengangkut Sampah. “Bantuan yang diberikan ini akan dipergunakan untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Asahan, terkhusus mengangkut sampah yang ada di Wilayah Kabupaten Asahan,” ucap Bupati. Lebih lanjut Bupati memberikan apresiasinya terhadap PT. Inalum Persero yang turut mensukseskan program Pemerintah melalui bantuan CSR. “Dengan adanya hal ini PT. Inalum Persero sudah turut andil membantu Pemerintah dalam mensukseskan program, dalam mewujudkan Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter,” ujar Bupati. Selanjutnya Bupati berharap kepada PT. Inalum Persero, dapat terus menyalurkan CSR nya kepada Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Asahan. Bupati juga berharap bantuan CSR yang diberikan PT. Inalum Persero dapat menjadi motivasi bagi perusahaan lain yang berada di wilayah Kabupaten Asahan untuk memberikan bantuan CSR nya kepada Pemerintah Kabupaten Asahan. “Karena CSR ini sangat bermanfaat untuk membantu pembangunan di Kabupaten Asahan, khususnya pembangunan infrastruktur di bidang lingkungan hidup,” ungkap Bupati.(Bg)

Rapat Paripurna DPRD Dalam Acara Peringatan Hari Jadi ke-78 Kabupaten Asahan Tahun 2024

ASAHAN – Untuk memperingati Hari Jadi ke-78 Kabupaten Asahan Tahun 2024, DPRD Kabupaten Asahan menggelar Rapat Paripurna di Aula Rambate Rata Raya Sekretariat DPRD Kabupaten Asahan yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Asahan H. Baharuddin Harahap, SH, MH, Jum’at (15/03/2024). Rapat Paripurna ini juga dihadiri oleh Bupati Asahan, Dandim 0208/Asahan, Danlanal TBA, Kapolres Asahan, Kajari Asahan, Ketua PN Kisaran, mewakili Danyon 126/KC, Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Anggota DPRD Kabupaten Asahan, Para Asisten, OPD, Camat se-Kabupaten Asahan, Ketua MUI Kabupaten Asahan, Ketua Imtaq Kabupaten Asahan, Ketua FKUB Kabupaten Asahan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, OKP dan tamu undangan lainnya. Pada pidatonya Ketua DPRD Asahan H Baharuddin Harahap SH MH mengatakan, momentum peringatan Hari Jadi Kabupaten Asahan harus menjadi daya dorong atau motivasi bagi seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan (Stake Holder) pembangunan di daerah ini untuk berpacu membangun dengan bekerja cepat, lebih cerdas dan giat sehingga terjadi percepatan dalam berbagai sektor pembangunan untuk terwujudnya masyarakata Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter. “Pada Tahun 2023 sampai dengan awal Tahun 2024 ini Kabupaten Asahan telah melaksanakan beberapa kegiatan yang merupakan agenda daerah dan nasional, serta mulai pertengahan tahun 2024 ini, masih akan dilaksanakan agenda besar lainnya yaitu tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Asahan”, ungkapnya. Lebih lanjut Baharuddin mengatakan, Di Tahun 2023 yang lalu agenda daerah yaitu pemilihan Kepala Desa serentak telah kita lalui dengan sukses tanpa ada hambatan yang berarti. Kemudian pada tanggal 14 Februari 2024 telah dilaksanakan Pemilu Raya yaitu Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Pemilihan Dewan Perwakilan Daerah, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten dengan lancar tanpa ada hambatan. dan semoga sukses sampai dengan tahapan pemilu selesai. Kesuksesan ini tentu merupakan hasil dari sinergi dan kerjasama seluruh komponen masyarakat terutama peran serta tokoh-tokoh masyarakat, pemuka agama, tokoh pemuda, dan pemuka masyarakat lainnya”, ujarnya. “Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya  kepada saudara Kapolres Asahan beserta seluruh jajaran, saudara Dandim beserta seluruh jajaran, saudara Kajari beserta seluruh jajaran serta seluruh unsur rekan Forkopimda yang telah berperan aktif mensukseskan agenda Pilkades serentak 2023 dan Pemilu Raya 2024 di Kabupaten asahan. Menutp pidatonya Baharuddin  mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa kepada seluruh umat muslim di Kabupaten Asahan. Mari kita jaga kondusifitas daerah selama bulan Ramadhan ini dengan mengedepankan sikap saling menghormati dan toleransi antar umat beragama”, tandasnya. Sebelum memberikan pidatonya Bupati Asahan H. Surya, BSc beserta Forkopimda Kabupaten Asahan dan tamu undangan lainnya mendengarkan sejarah singkat Kabupaten Asahan yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution, M.Si. Usai mendengarkan sejarah singkat Kabupaten Asahan, Bupati Asahan H. Surya, BSc menyampaikan pidatonya yang mengatakan, rentang sejarah selama 78 tahun ini merupakan perjalanan panjang Kabupaten Asahan untuk terus tetap eksis dalam menyelenggarakan tata kelola pemerintahan yang efektif, inovatif, profesional dan akuntabel. Penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan yang kita laksanakan dari masa ke masa terus mengalami perkembangan. “Berbagai sarana dan prasarana terus dikembangkan untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat. Semua itu dapat kita laksanakan apabila ditopang dengan dukungan sumber daya, keterampilan dan integritas para pengelolanya. Perlu menjadi perhatian kita bahwa kestabilan kondisi politik, ekonomi dan stabilitas kamtibmas yang kondusif juga merupakan faktor lain yang tidak kalah pentingnya”, ujarnya. Selanjutnya Bupati, mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setingitingginya kepada KPU, Bawaslu, TNI, Polri dan seluruh stakeholder atas terlaksananya Pemilihan Umum (Pemilu) yang kondusif aman dan damai di Kabupaten Asahan. “Kami berharap dengan tekad, semangat kekeluargaan dan kebersamaan kita kembali merapatkan barisan, bersatu dan bersinergi untuk dapat mewujudkan Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter. “Melalui Sidang Paripurna ini kami mengajak kita semua bahwa dengan semangat Hari Jadi ke-78 Kabupaten Asahan kita tingkatkan kinerja penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, dengan meningkatkan pelayanan publik dan bersama-sama membangub Kabupaten Asahan ini. Atas nama Pemerintah Kabupaten Asahan, kami mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa di Bulan Suci Ramadhan 1445 H, semoga Allah SWT senantiasi melimpahkan rahmat dan kasih sayangnya kepada kita semua”, tutup Bupati.(Bg)

Kapolsek Tembilahan Hulu dan Anggota Cegat Pengguna Jalan Bagikan Takjil Gratis

0

Inhil – Kapolsek Tembilahan Hulu, AKP Ricky Marzuki diikuti jajaran Polsek Tembilahan Hulu cegat pengguna jalan di Jalan Provinsi Desa Pulau Palas, Kecamatan Tembilahan Hulu tepatnya di depan Kantor Polsek Tembilahan Hulu untuk berbagi takjil gratis kepada pengendara dan masyarakat.

  AKP Ricky menjelaskan kegiatan ini merupakan program rutin Polsek Tembilahan Hulu selama Bulan Suci Ramadhan 1445 H.   “Kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian Polri khususnya Polsek Tembilahan Hulu kepada Masyarakat dengan tujuan untuk memberikan bekal bagi pengendara, manakala mereka masih jauh tujuan rumahnya, sehingga bisa bermanfaat buat mereka semua,” ujarnya, Jumat (15/03/2024) Sore.   “Diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut dapat menumbuhkan rasa berbagi dan kepedulian kepada Masyarakat serta diharapkan dapat sedikit membantu Masyarakat yang kurang mampu,” imbuhnya.   Kemudian dalam kesempatan itu juga AKP Ricky memberikan imbauan agar masyarakat dapat mengendarakan kendaraannya dengan hati-hati karena keluarga pasti sedang menunggu kedatangan dengan selamat di rumah.   “Tentunya, untuk pengendara pastikan tidak melanggar aturan di jalan, karena kecelakaan lalu lintas disebabkan kebanyakan diawali oleh pelanggaran,” pungkasnya.   Tampak hadir mendampingi Kapolsek Tembilahan Hulu, Kanit Propam Polsek Tembilahan Hulu Bripka Hasbi, Bhabinkamtibmas Tembilahan Barat Aipda Dedy Haryanto Laiya, Bhabinkamtibmas Tembilahan Hulu Bripka Erdo Bamralegust, Bhabinkamtibmas Sialang Panjang Bripka Sonny Pratama, Bhabinkamtibmas Pulau Palas Bripka Nurfajri Sadriades, Bhayangkari Ranting Tembilahan Hulu dan Seluruh Anggota Polsek Tembilahan Hulu.

Cegah Penimbunan Bahan Pokok dan Panic Buying, Polsek Tembilahan Hulu Lakukan Monitoring

Inhil – Anggota Polsek Tembilahan Hulu menjalankan kegiatan monitoring Panic Buying (Aksi membeli Besar-besaran/ membeli berlebihan) dan Pengawasan Penimbunan bahan pokok di Wilayah hukum Polsek Tembilahan Hulu.

Kegiatan ini menyasar toko dan pasar di Desa Pulau Palas  Kecamatan Tembilahan Hulu Kabupaten Inhil, Riau untuk memantau kestabilan harga bahan pokok.

Aksi Monitoring yang dilakukan Aiptu Nefli, Bripka Al Hadid dan Briptu Alen Susanto ini dilakukan dalam rangka Pengawasan Penimbunan bahan pokok di Wilayah Hukum (Wilkum) Polsek Tembilahan Hulu.

“Hari ini kami telah melaksanakan kegiatan monitoring Panic Buying sebagai upaya untuk meningkatkan pengawasan secara khusus terhadap distribusi komoditi yang banyak dibutuhkan masyarakat, sehingga tidak merusak harga pasar,” ujar Kapolsek Tembilahan Hulu, AKP Ricky Marzuki.

AKP Ricky menjelaskan dari Monitoring ini tidak ditemukan aksi Panic Buying dan Penimbunan Sembako serta harga bahan pokok yang masih stabil

“Polsek Tembilahan Hulu berkomitmen bersama instansi terkait dalam hal melaksanakan pengawasan serta melakukan penegakkan hukum dengan para pelaku usaha yang melaksanakan penimbunan bahan pokok,” ujar Kapolsek.

Kemudian dikatakannya dengan kegiatan ini diharapkan terciptanya kesadaran hukum bagi masyarakat agar tidak melaksanakan penimbunan bahan pokok atau keperluan lain atau membeli secara berlebihan (Panic Buying) sehingga tidak terjadi kelangkaan over suplai yang merusak kondisi Pasar dan Ekonomi.

Kanit Intelkam Polsek Tembilahan Hulu Lakukan Dialog dengan Masyarakat Ciptakan Kamtibmas

Inhil – Pastikan situasi tetap aman dan kondusif Pasca Pemungutan Suara Pemilu 2024, Polsek Tembilahan Hulu melakukan cooling sistem di wilayah Desa Pulau Palas Kecamatan Tembilahan Hulu, Jumat (15/03/2024).

Kegiatan yang dipimpin Kanit Intelkam Polsek Tembilahan Hulu, Aipda Sumber Sonywan S ini dalam rangka Ops Mantap Brata Lancang Kuning 2023-2024.

Dalam cooling sistem tersebut, Aipda Sumber Sonywan berdialog bersama masyarakat dan memberikan sosialisasi serta imbauan masyarakat Desa untuk bersama-sama membantu Polri dalam menciptakan situasi yang aman dan kondusif.

“Sambang dan dialogis ini dilakukan untuk meningkatkan silaturahmi dan menjalin kemitraan dengan warga masyarakat guna menyampaikan informasi tentang kamtibmas,” ucapnya.

Selain itu, kegiatan yang dilakukan ini agar sinergitas kemitraan dapat terjalin melalui kedekatan seorang petugas dengan berbagai komponen masyarakat.

“Kami berpesan agar masyarakat turut serta peduli dengan keamanan lingkungan, dan hati-hati serta waspada terhadap adanya pelaku tindak kejahatan seperti pencurian serta tindak kejahatan lainnya,” imbuhnya.

Bupati Asahan Dampingi Presiden Jokowi Resmian Jalan Inpres

ASAHAN – Bupati Asahan yang di Wakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution, M.Si mendampingi Presiden RI Joko Widodo resmikan pelaksanaan inpres jalan daerah Kota Tanjung Balai Provinsi Sumatera Utara, Kamis (14/03/2024). Presiden Joko Widodo mengatakan tahun ini Pemerintah Pusat menganggarkan Rp868 miliar untuk pembangunan 209 Km. Ada 30 ruas IJD yang akan dibenahi tahun ini dan tersebar di 18 Kabupaten/Kota, antara lain Kabupaten Asahan, Dairi, Deliserdang, Karo, Labuhanbatu, Langkat, Madina, Nias Selatan, Nias Utara, Pakpak Bharat, Samosir, Serdang bedagai, Simalungun, Tapteng, Taput, Gunungsitoli dan Tanjungbalai. “Di Provinsi Sumatera Utara telah dianggarkan Rp868 miliar untuk pembangunan jalan 209 km, untuk 30 ruas jalan di 18 kabupaten/kota,” Ujar Presiden. Di tempat yang sama Sekda kab Asahan Drs. John Hardi Nasution, M.Si mengapresiasi Presiden Jokowi yang telah meresmikan jalan Inpres. “Semoga dengan bantuan dari Pemerintah Pusat yang telah membangun jalan Inpres di 30 lokasi yang di antaranya adalah Kabupaten Asahan, ia berharap kiranya apa yang telah di laksanakan dapat membantu akses masyarakat dalam beraktivitas” Ujarnya Tampak hadir pada peresmian Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Forkopimda Sumatera Utara, Walikota Tanjung Balai, Bupati Labura serta tamu undangan lainnya.(Bg)

Bupati Asahan Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2023

ASAHAN – Bupati Asahan H. Surya, BSc menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun Anggaran 2023 kepada DPRD Kabupaten Asahan di Aula Rambate Rata Raya Sekretariat DPRD Kabupaten Asahan, Senin (14/03/2024). Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Asahan, Ketua DPRD Kabupaten Asahan, Para Asisten, Staf Ahli Bupati, OPD dan tamu undangan lainnya. Pada penyampaiannya LKPJ Tahun Anggaran 2023 ini, Bupati Asahan mengatakan, penyampaian LKPJ ini merupakan Amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2019 Tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Pada Peraturan Pemerintah tersebut, dinyatakan pada Pasal 19 ayat 1 bahwa Kepala Daerah menyampaikan LKPJ kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dalam Rapat Paripurna yang dilakukan 1 (satu) kali dalam 1 tahun paling lambat 3 bulan setelah Tahun Anggaran berakhir. Lebih lanjut Bupati mengatakan, dokumen LKPJ ini secara substansial merupakan dokumen yang memuat hasil penyelenggaraan urusan Pemerintah yang menjadi kewenangan daerah yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah, hasil pelaksanaan tugas pembantuan dan penugasan, sehingga dokumen LKPJ ini merupakan progress report atas pelaksanaan kegiatan Pemerintah Kabupaten Asahan serta menjadi referensi dalam memberikan saran dan masukan guna perbaikan penyusunan perencanaan dan penganggaran pada tahun berjalan dan tahun berikutnya. Bupati juga menyampaikan kondisi keuangan Kabupaten Asahan Tahun Anggaran 2023 dari Pendapatan Daerah, dimana target Pendapatan Daerah Kabupaten Asahan Tahun Anggaran 2023 ditetapkan sebesar Rp. 1.790.178.753.298,00, terealisasi sebesar Rp 1.787.731.729.065,98 atau sebesar 99,86 %. “Pendapatan dimaksud bersumber dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan target Rp 184.239.386.206,98 terealisasi sebesar Rp 169.216.958.882,98 atau sebesar 91,85 %. Pendapatan Transfer ditargetkan sebesar Rp 1.575.975.063.795,00 terealisasi sebesar Rp 1.595.037.290.916,00 atau sebesar 101,21 % dan target lain-lain Pendapatan Daerah Yang Sah sebesar Rp 29.964.303.297,00 terealisasi sebesar Rp 23.477.479.267,00 atau sebesar 78,35 % Untuk Belanja Daerah Kabupaten Asahan Tahun Anggaran 2023 ditetapkan sebesar Rp 1.846.074.847.003,00 terealisasi sebesar Rp 1.768.591.816.735,55 atau sebesar 95,80 %. Belanja Daerah dimaksud terdiri dari Belanja Operasi dialokasikan sebesar Rp 1.265.920.027.577,00 terealisasi sebesar Rp 1.199.802.940.611,82 atau 94,78 %. Belanja Modal dialokasikan sebesar Rp 281.343.665.512,00 terealisasi sebesar Rp 271.320.776.159,73 atau 96,44 % dan Belanja Tidak Terduga sebesar Rp 402.269.022,00, namun tidak ada yang direalisasikan, Belanja Transfer dialokasikan sebesar Rp 298.408.884.892,00, terealisasi sebesar Rp 297.468.099.964,00 atau 99,68 %. Terakhir Pembiayaan Daerah Kabupaten Asahan Tahun Anggaran 2023 ditetapkan sebesar Rp 55.896.093.705,00, terealisasi sebesar Rp 61.949.405.177,60 atau 110,83 %. Selanjutnya Bupati menyampaikan beberapa prestasi dan penghargaan yang diraih Pemerintah Kabupaten Asahan Tahun 2023, Penghargaan Terbaik I se-Sumatera Utara dalam hal Realisasi Anggaran Belanja Tahun Anggaran 2023, Penghargaan Kabupaten Peduli HAM, Penghargaan Kabupaten Layak Anak Tingkat Pratama, Penghargaan Pemanfaatan Hasil Pendataan Lengkap KUMKM, Penghargaan atas pembinaan dan pengawasan di bidang pengelolaan aset desa dan ketepatan waktu penyampaian Laporan Hasil Investasi (LHI) Aset Desa, Opini Wajar Tanpa Pengecualian terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah, Juara II pelaksana terbaik Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) Tingkat Provinsi Sumatera Utara, Juara III Desa Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara, Juara III perlombaan Desa dan Kelurahan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara dan Juara III lomba pelaksanaan terbaik Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) Tingkat Provinsi Sumatera Utara. Tak lupa Bupati mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para Anggota Dewan yang terhormat, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, dan seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Asahan atas kerjasama dan partisipasinya dalam mendukung kelancaran pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Asahan selama ini. “Terima kasih atas kerjasama dan partisipasinya untuk medukung pembangunan di Kabupaten Asahan,” tandasnya.(BG)

Tahun ke Lima PKB Inhil Berbagi Menu Buka Puasa kepada Masyarakat Kurang Mampu

Inhil,- Ada banyak macam kebaikan yang bisa dilakukan di saat bulan suci Ramadhan 1445 Hijriyah tahun 2024, seperti yang dilakukan oleh Partai PKB Indragiri Hilir (Inhil).   Ini merupakan tahun ke 5 partai nomor urut satu melaksanakan agenda berbagi di bulan suci Ramadhan dalam tajuk “PKB Berbagi”.   Dengan mengendarai ambulance PKB Inhil berbagi menu berbuka puasa kepada masyarakat Kabupaten Inhil, khususnya warga yang membutuhkan.   “Hari ini kami berbagi makanan buka puasa sebagai bentuk kepedulian dan istiqomah dalam niat membantu warga kurang mampu,” kata Ketua DPC PKB Inhil, Iwan Taruna.   Warga masyarakat pun terlihat senang lantaran mendapat makana dan takjil gratis dari Partai PKB.   Sebab menurut Iwan Taruna, bulan suci Ramadan yang penuh berkah ini adalah wadah pahala dan terciptanya rasa kepedulian.   “Kegiatan bagi-bagi takjil ini, selain sebagai bentuk mendekatkan diri dan mempererat silaturahmi dengan masyarakat. Setidaknya anggota PKB Inhil dapat berbagi kebahagiaan dengan masyarakat di bulan Ramadhan ini, sebagaimana visi Perjuangan PKB untuk terus bergerak dan berada di tengah-tengah masyarakat,” ungkapnya.   “Kami dapat melakukan kegiatan dengan berbagi takjil kepada warga untuk menjalin silaturahmi. Walupun sederhana, namun mempunyai hikmah dan arti yang luar biasa bagi masyarakat di Bulan Suci Ramadhan ini,” tutupnya.

Polsek Tembilahan Hulu Giatkan Monitoring Panic Buying Jaga Ketersediaan Bahan Pokok

Inhil – Kapolsek Tembilahan Hulu, AKP Ricky Marzuki SH diwakili Aiptu Nefli bersama Bripka Al Hadid melakukan pemantauan harga dan ketersediaan bahan pokok di wilayah hukum Polsek Tembilahan Hulu, Kamis (14/03/2024).

  Kegiatan Monitoring Panic Buying ini dilakukan Anggota Polsek Tembilahan Hulu demi menjaga pencegahan sekaligus antisipasi panic buying atau memberi berlebihan ditengah Bulan Suci Ramadhan 1445 H/2024 M.   Monitoring ini dilakukan di beberapa Toko-toko sembako dan Pasar di Kecamatan Tembilahan Hulu untuk pengawasan penimbunan bahan pokok.   AKP Ricky mengatakan, dari hasil pengecekan lapangan, ditemukan bahwa stok beras cukup dan tidak ada kelangkaan dan penimbunan stok bahan pokok di Toko ataupun Pasar.   “Kami akan melakukan monitoring secara berkala untuk memastikan ketersediaan bahan pokok di Kecamatan Tembilahan Hulu selama Bulan Suci Ramadhan.   Dengan langkah-langkah seperti itu, diharapkan masyarakat dapat merasakan dampak positifnya dengan adanya stok yang cukup dan harga normal.   Hingga hari ini dari lokasi yang terpantau belum ada kenaikan harga barang. Kami mengimbau masyarakat jangan sampai melakukan panic buying karena dari hasil pengecekan di lapangan dipastikan stok bahan pokok mencukupi,” tutupnya.  

Kembali Gelar Jumat Curhat, Kanit Binmas Polsek Tembilahan Hulu Ajak Masyarakat Jaga Kamtibmas

Inhil – Bertempat di Jalan Lintas Pangkalan Ojek Simpang Pekan Kemis, Kelurahan Pulau Palas, Kecamatan Tembilahan Hulu. Polsek Tembilahan Hulu melaksanakan Jumat Curhat dengan warga setempat, Kamis (14/03/2024).   Kegiatan Jumat curhat ini dihadiri oleh Kanit Binmas Polsek Tembilahan Hulu Ipda Edi Yanto dan Bhabinkamtibmas Pulau Palas Bripka Nurfajri Sadriades bersama masyarakat Desa Pekan Kamis.   Kanit Binmas Polsek Tembilahan Hulu menyampaikan agar masyarakat meningkatkan kesadaran dan kepatuhan terhadap peraturan dan perundang-undangan yang berlaku seraya mengajak masyarakat agar saling menjaga hubungan sosial sehingga tercipta situasi yang aman dan kondusif terhindar dari segala bentuk ancaman.   Kemudian dia mengajak masyarakat untuk sama-sama menjaga ketenteraman sehingga tercipta keharmonisan dalam bermasyarakat.   “Kami mengingat dan memberikan imbauan agar menjaga siskantibmas di wilayah RT masing-masing,” tutupnya.  

Bupati Asahan Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops 2024

ASAHAN – Bupati Asahan H. Surya BSc memimpin Apel Gelar Pasukan OPS Keselamatan Toba 2024 di halaman Polres Asahan, Rabu (13/03/2024). Tampak hadir mewakili Kapolres Asahan, Kajari, Mewakili Dandim 0208/AS, Mewakili Danlanal TBA, Kepala Dinas Kominfo, Kasatpol PP serta pejabat utama Polres Asahan Amanat Kapolda Sumatera Utara yang di bacakan oleh Bupati Asahan H. Surya BSc mengatakan adapun tujuan dari operasi ini adalah terciptanya situasi kamseltibcar lantas yang aman dan nyaman menjelang idul fitri 1445 H tahun 2024. operasi “Keselamatan Toba – 2024” dilaksanakan selama 14 (empat belas) hari, mulai dari tanggal 12 Maret sampai dengan tanggal 25 Maret 2024 Bupati juga menyampaikan operasi ini bersifat terbuka dalam bentuk operasi pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat pada bidang lalu lintas yang mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif guna terciptanya kamseltibcar lantas di wilayah Provinsi Sumatra Utara. untuk mencapai keberhasilan pelaksanaan tugas operasi, perlu saya sampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan antara lain berikan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang disiplin dan tertib berlalu lintas serta tampilkan performance polantas yang rapi, bersih, dan humanis, termasuk tampilan perlengkapan dinas dalam kondisi yang baik.(Bg)

Bripka Erdo dan Bripka Rusdin Gencarkan Sosialisasi Pasca Pemilu di Kelurahan Tembilahan Hulu

Inhil – Bhabinkamtibmas Kelurahan Tembilahan Hulu, Polsek Tembilahan Hulu, Bripka Erdo Bamralegust didampingi Bripka Rusdin melaksanakan kegiatan untuk  mensosialisasi dan himbauan Pasca Pemilu 2024.   Kegiatan Coolling System Pemilu 2024 ini dalam rangka “Ops Mantap Brata Lancang Kuning 2023-2024” dilangsungkan di Jalan Gerilya Kelurahan Tembilahan Hulu, Kecamatan Tembilahan Hulu, Rabu (13/03/2024).   Dalam kesempatan tersebut Bripka Erdo mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang telah berkerjasama dengan pihak kepolisian dalam menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif.   “Pemilu sudah selesai, namun tahapannya masih terus berlanjut, terimakasih kepada masyarakat yang sudah berkerjasama menjaga Kamtibmas di masa pemilu di wilayah Polsek Tembilahan Hulu ini,” ucapnya.   Dia juga mengimbau kepada warga masyarakat agar jangan mudah terprovokasi dengan Berita Berita bohong atau hoak di mensos yang Ingin memecah belah persatuan kesatuan NKRI.   “Mari kita sama-sama terus menjaga kondusifitas dan keamanan dk wilayah Kecamatan Tembilahan Hulu,” tutupnya.    

Polsek Tembilahan Hulu Lakukan Monitoring Panic Buying dan Harga Sembako

Inhil – Dalam upaya pencegahan sekaligus antisipasi panic buying atau memberi berlebihan ditengah Bulan Suci Ramadhan, Polsek Tembilahan Hulu melakukan kegiatan Monitoring Panic Buying di Wilayah Kecamatan Tembilahan Hulu, Rabu (13/03/2024).   Kegiatan yang menyasar Toko-toko di Jalan Gerilya Kelurahan Tembilahan Hulu, Kecamatan Tembilahan Hulu dilakukan oleh Bripka Erdo Bamralegust dan Bripka Rusdin dengan tujuan untuk pengawasan penimbunan bahan pokok.   Dari pantauan tersebut dijatuhi harga-harga sembako sebagai berikut:   Harga Barang : 1. Beras Lokal Rp. 16.000/Kg 2. Beras Kayu Manis Rp. 16.000/Kg 3. Gula Pasir Premium Rp. 19.000/Kg 4. Gula Pasir Lokal Rp. 18.000/Kg 5. Daging Ayam Rp. 40.000/Kg. 6. Cabai Rawit Rp. 45.000/Kg 7. Bawang Merah Rp. 28.000/Kg 8. Bawang Putih Rp. 35.000/Kg 9. Kacang Kedelai Rp. 15.000/Kg 10. Kacang Tanah Rp. 25.000/Kg. 11. Minyak Goreng Kemasan Rp. 17.000/kg 12. Telur Ayam Ras Rp. 56.000/Papan.   Bripka Erdo menerangkan hingga saat ini tidak ditemukan panic buying dan penimbunan sembako di Wilayah Kelurahan Tembilahan Hulu dan juga belum ada kenaikan harga barang untuk saat ini.   “Patroli ini guna terciptanya kesadaran hukum bagi masyarakat agar tidak melaksanakan penimbunan bahan pokok atau keperluan lain atau membeli secara berlebihan ( Panic Buying ) sehingga tidak terjadi kelangkaan over suplai yang merusak kondisi Pasar dan Ekonomi,” ujar Bripka Erdo.   Kemudian dia menerangkan pihaknya akan terus meningkatkan pengawasan secara khusus terhadap distribusi Komoditi yang banyak di butuhkan masyarakat, sehingga tidak merusak harga Pasar.   “Semoga dengan patroli panic buying ini dapat menimbulkan sinergitas Polri dengan instansi terkait dalam hal melaksanakan pengawasan serta melakukan penegakkan hukum dengan para pelaku usaha yang melaksanakan penimbunan Bahan Pokok,” pungkasnya.